Minggu, 14 Agustus 22

Kejagung Bakal Libatkan SDM untuk Membangun dan Wujudkan IKN

Kejagung Bakal Libatkan SDM untuk Membangun dan Wujudkan IKN
* Jaksa Agung RI Burhanuddin menerima kunjungan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono di Lantai 10 Gedung Kartika Adhyaksa, Kejaksaan Agung (Kejagung), Kamis (17/3/2022). (Foto: Kejagung)

Jakarta, obsessionnews.comJaksa Agung RI Burhanuddin menerima kunjungan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono di Lantai 10 Gedung Kartika Adhyaksa, Kejaksaan Agung (Kejagung), Kamis (17/3/2022).

Dalam pertemuan ini, Burhanuddin didampingi oleh Jaksa Agung Muda Pembinaan Bambang Sugeng Rukmono, Jaksa Agung Muda Intelijen Amir Yanto, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Feri Wibisono. Sementara Bambang didampingi oleh Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe.

Dalam kesempatan itu, Burhanuddin mengaku mendukung pelaksanaan tugas IKN sehingga pemindahan Ibu Kota sebagai program pemerintah dapat berjalan sebagaimana diharapkan.

Baca juga: Ini 4 Arahan Jaksa Agung untuk Kajati Seluruh Indonesia

“Kejaksaan juga mendukung secara maksimal termasuk melibatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kejaksaan untuk bersama-sama membangun dan mewujudkan IKN,” ujar Burhanuddin.

Sementara itu, Bambang menyampaikan, pada intinya organisasi IKN dapat beroperasi bila sudah dibentuk struktur organisasinya, dan bila dilihat ketentuan UU, pihaknya diberikan waktu hingga akhir 2022 untuk membentuk organisasi otorita IKN ini tapi tentu diusahakan akan lebih cepat.

“Ada bagian penting saat saya dan Bapak Jaksa Agung beserta Bapak JAM-Datun, Bapak JAM-Intelijen, dan Bapak JAM-Pidsus melakukan pertemuan di mana dari awal kita ingin mengawal agar proses tata kelola dijaga dengan baik. Karena apabila ingin mengundang investasi, saat ini investor-investor besar itu sangat menekankan tiga aspek, yaitu ESG,” ujar Bambang.

Dia menjelaskan tiga aspek yang disebut dengan ESG adalah “E” memiliki arti environment tentang aspek yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan perubahan iklim (climate change), lalu “S” berkaitan dengan sosial di mana sosial di masyarakat juga dilihat.

Baca juga: Resmikan Kantor Kejati Jabar, Jaksa Agung Minta Kajati Siapkan Anggaran Perawatan Gedung

“Dan yang penting adalah “G” yaitu government (tata kelola) di mana nanti kita akan membuat structuring dari project ini,” tambah Bambang.

Menurutnya, apabila tiga aspek ini berjalan dengan baik, maka tentu investasi dari swasta akan masuk dengan lancar.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa saat ini organisasi otorita IKN sedang diselesaikan dan saat ini pula sudah ada tim transisi, yang nantinya akan terintegrasi dengan Para Jaksa Agung Muda dalam tim transisi tersebut.

“Harapan kita bersama yaitu tentu IKN ini akan menjadi sesuatu yang memenuhi compliance dalam rangka kita membangun ibu kota negara sesuai dengan harapan dan rencana yang kita buat dari pertama,” ucapnya.

Baca juga: Tutup Rapat Kerja Nasional, Ini Arahan Jaksa Agung untuk Jajarannya

Menanggapi hal tersebut, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Feri Wibisono menyampaikan, bahwa Kejaksaan mendukung program kerja Kepala Otorita IKN Nusantara dan percepatan pembentukan struktur organisasi otorita IKN, serta kegiatan yang akan dilaksanakan baik di pusat dalam hal ini dari tingkat Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara maupun di daerah (wilayah Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur), dan mendukung pula dalam hal yang berkaitan dengan policy draftingnya termasuk pendampingan control policy draftingnya.

Sementara, hal-hal terkait pendampingan dan pengamanan Proyek Strategis Nasional yang harus dijaga bersama akan dilaksanakan oleh Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen.

Kunjungan Kepala Otorita IKN Nusantara ke Kejaksaan Agung dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.