Senin, 6 Mei 24

Keindahan Kain Karawo Gorontalo Menyinar di Expo Produk UMKM Nasional 2023

Keindahan Kain Karawo Gorontalo Menyinar di Expo Produk UMKM Nasional 2023
* Pengamat Koperasi dan UMKM Dewi Tenty dan Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Fima Agustina. (Foto: Istimewa)

Obsessionnews.com – Peringatan hari usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Nasional 2023 yang acara puncaknya di diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah, dimeriahkan berbagai acara salah satunya adalah Expo Produk UMKM yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran telah diikuti oleh berbagai hasil produk UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.

“Salah satu stand yang saya kunjungi adalah stand Gorontalo, yang menampilkan beberapa produk baik makanan maupun fashion. Ada yang menarik di sini, yaitu kain khas Gorontalo yang mempunyai warna dan design yang cantik dan unik,” ujar pengamat koperasi dan UMKM Dewi Tenty dalam pesan singkatnya kepada obsessionnews.com, Senin (14/8/2023).

Kain khas Gorontalo di kenal dengan sebutan kain Karawo. Kain Karawo merupakan sebuah produk seni budaya khas Provinsi Gorontalo yang memiliki nilai seni sangat tinggi karena dibuat melalui proses penyulaman manual yang sangat rumit. Dengan motif yang bervariasi tidak heran jika kain Karawo ini menjadi kerajinan tangan andalan di daerah Gorontalo.

“Kebetulan sekali di acara tersebut saya bertemu dengan Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Fima Agustina yang menceritakan bagaimana proses pembuatan kain karawo,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Fima Agustina menjelaskan proses pembuatan Kain Karawo. Proses tersebut melibatkan langkah-langkah seperti pendesainan, pengirisan, dan pencabutan serat tekstil untuk membentuk motif ornamen.

“Pekerjaan ini adalah warisan turun-temurun kaum wanita Gorontalo, yang menjadikannya sebagai simbol keahlian dan dedikasi mereka,” ujar Fima.

Istri Plt Gubernur Gorontalo ini menambahkan, keistimewaan Kain Karawo tidak hanya terletak pada nilai seni dan tradisinya, tetapi juga pada proses pembuatannya yang memakan waktu dan tenaga yang besar. Hanya dengan tangan dan keahlian, pembuatan kain ini menjadi sebuah penghargaan bagi kesabaran dan ketekunan para pengrajin.

Dengan cerita yang menggambarkan kerumitan proses pembuatan dan keindahan produk akhirnya, upaya untuk mengenalkan Kain Karawo kepada masyarakat Indonesia semakin penting.

Sebagai warisan budaya yang kaya, kain ini memiliki potensi untuk menjadi bagian dari pakaian tradisional dan fashion di berbagai acara khusus. Dalam suasana di mana warisan lokal mendapat pengakuan lebih besar, kain Karawo siap memancarkan pesona keindahannya kepada dunia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.