Sabtu, 27 Juli 24

Kegigihan Presiden Promosikan Investasi Tidak Diimbangi Kinerja Tim Ekonomi

Kegigihan Presiden Promosikan Investasi Tidak Diimbangi Kinerja Tim Ekonomi

Jakarta, Obsessionnews.com – Seperti diberitakan, kemarin (1/5), pada suatu forum bisnis di Hotel Conrad, Hongkong, Presiden Jokowi berusaha yakinkan para pemodal di Hongkong untuk berinvestasi di Indonesia. Di forum tersebut. Jokowi mengajak para pemodal di Hongkong untuk berinvestasi pada “Sepuluh Bali Baru”. Sekedar informasi, istilah “Sepuluh Bali Baru” merujuk pada Program 10 Destinasi Pariwisata di luar Pulau Bali yang diluncurkan pertama kali oleh Menko Maritim Rizal Ramli pada 9 September 2015. Peneliti Lingkar Studi Perjuangan (LSP) Gede Sandra, mengapresiasi hal tersebut dengan catatan kritis,

“Saya salut dengan kegigihan Presiden Jokowi mempromosikan investasi di Indonesia. Kita semua tahu bahwa bukan kali ini saja Presiden promosikan investasi dalam lawatannya. Hanya sayangnya kegigihan Presiden ini seperti tidak diimbangi oleh kinerja yang nyata oleh tim ekonomi beliau di Kabinet.”

Gede kemudian memaparkan tentang data terbaru yang dirilis oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tom Lembong minggu lalu (26/4), yang menyebutkan bahwa pertumbuhan investasi asing langsung/foreign direct investment (FDI) sebesar 0,9% sepanjang kuartal pertama tahun 2017 adalah yang paling lambat dalam lima tahun terakhir. Disebutkan Tom, faktor utama penyebab dari lambatnya pertumbuhan FDI tersebut adalah melambatnya kebijakan pemerintah yang terkait deregulasi. Dalam beberapa bulan terakhir, terdapat setidaknya 23 regulasi baru yang diterbitkan oleh berbagai kementerian yang dampaknya semakin memperumit bisnis dan investasi di Indonesia.

Untuk diketahui, pertumbuhan FDI di kuartal pertama 2017 sebesar 0,9% ini menunjukkan tren penurunan yang cukup tajam bila dibandingkan dari kuartal-kuartal sebelumnya. Pada kuartal ketiga 2016 pertumbuhan FDI masih berada di level 7,8%. Kemudian pada kuartal keempat 2016 pertumbuhan FDI kembali turun ke level 2,1%.

“Berbasis fakta-fakta ini artinya belasan paket kebijakan terkait deregulasi yang diluncurkan oleh tim ekonomi Presiden ternyata telah gagal menunjukkan kinerjanya. Karena itu bila ada yang bilang tim ekonomi sekarang adalah dream team, bagi saya justru lebih pas bila disebut sebagai dreaming clown.” tutup Gede. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.