Jumat, 3 Mei 24

Kebakaran di Pusat Perbelanjaan, Gubenur Mundur

Kebakaran di Pusat Perbelanjaan, Gubenur Mundur
* Api berasal dari gedung pusat perbelanjaan yang terbakar. (BBC)

Nampaknya, jabatan benar-benar harus dipertanggungjawabkan kalau di luar negeri. Jika merasa gagal mengemban tugas, sang pejabat harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Gubernur Kemerovo di Rusia mengundurkan diri menyusul peristiwa kebakaran yang terjadi di pusat perbelanjaan yang menyebabkan puluhan orang tewas.

Aman Tuleyev yang telah lama menjabat seagai gubernur, menyatakan pengunduran dirnya merupakan “keputusan yang tepat, sadar dan sunguh-sungguh” karena bencana kebakaran tersebut.

Dia mengumumkan keputusannya itu dalam sebuah video yang diunggah dalam situs pemerintahan regional.

Bulan lalu, kebakaran di mal Winter Cherry menewaskan lebih dari 60 orang, sebagian besar anak-anak.

Ribuan orang menggelar protes setelah tragedi yang diduga terjadi karena kegagalan menjaga keselamatan pengunjung pusat perbelanjaan.

Para penyelidik mengatakan alarm kebakaran rusak dan pintu darurat tertutup – dan penjaga keamanan, yang seharusnya membantu dalam evakuasi darurat, justru yang pertama kali keluar dari dalam gedung ketika kebakaran terjadi.

Banyak anak-anak yang menjadi korban karena mereka tengah bermain di fasilitas hiburan yang terletak di bagian atap bangunan, termasuk bioskop yang pintunya dilaporkan terkunci.

Aparat tengah menyelidiki apakah kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik atau percikan api dari area bermain anak-anak.

Presiden Vladimir Putin – yang berkunjung ke Kemerovo pada saat kebakaran – menyebutkan kebakaran tersebut merupakan “kejahatan akibat kelalaian”.

Tuleyev – yang keponakannya dilaporkan tewas dalam kebakaran – telah menjadi gubernur di wilayah penghasil batu bara itu sejak 1997 lalu, seperti dilaporkan kantor berita AFP. (bbc.com/indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.