Sabtu, 18 Mei 24

Kapolda Sumbar Tinjau KPU Jelang Pendaftaran Cagub

Kapolda Sumbar Tinjau KPU Jelang Pendaftaran Cagub

Padang, Obsessionnews – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar), Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi (Pol) Bambang Sri Herwanto Sabtu (25/7) meninjau kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang pelaksanaan pendaftaran Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Barat (Sumbar) yang akan dimulai Minggu (26/7).

Kapolda mengapresiasi persiapan yang dilakukan KPU. Bambang berjanji akan menyiapkan kebutuhan pengamanan yang diperlukan selama tahapan pendaftaran dibuka, sehingga suasana tetap terjaga dengan baik dan aman. Tidak terjadi gangguana kemanan dan ketertiban yang dapat mengganggu jalannya proses pendaftaran.

“Saya datang secara langsung untuk melihat kesiapan dari KPU. Ternyata memang hari ini sudah siap,” kata Bambang saat simulasi pendaftaran Cagub Sumbar yang digelar KPU Sumbar, Sabtu (25/7).

Bambang menjelaskan bahwa ia datang secara langsung mengecek persiapan KPU jelang pendaftaran, karena apapun permasalahan dan persoalannya, muaranya menyangkut dengan masalah keamanan.

“Saya merasa berpekepntingan dan perlu untuk datang berkoordinasi secara langsung agar proses pendaftaran dan penyerahan berkas administrasi dapat berjalan dengan baik, dengan sempurna dan tidak ada permasalahan-permasalahan yang mungkin nanti bisa dijadikan isu-isu yang bisa mengganggu dan menghambat prose pemilu,” ujar Bambang

Kapolda Sumbar 2

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama pendaftaran berlangsung, Polda Sumbar menurunkan 100 personil atau satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) kepolisian bersenjata lengkap. Pengamanan dilakukan mulai dari pasangan calon star menuju kantor KPU hingga proses pendaftaran selesai.

“Pengamanan khusus kita lakukan selama proses berjalan. Pengamanan dilakukan mulai proses pemberangkatan, rute-rute yang dilalui sampai di KPU sendiri,” sebut Bambang.

Pengamanan khusus dilakukan mengingat selamat proses berlangsung di KPU, yang datang mendaftar tidak hanya pasangan calon, akan tetapi diiringi massa dari pendukung, pengusung, tim kampanye dan tim sukses. Dari jumlah massa yang datang bersama calon, bisa diprediksi berapa jumlah personil pengamanan yang dibutuhkan, sehingga proses pendaftaran berjalan lancar dan aman.

Personil kepolisian yang dikerahkan untuk pengamanan selama proses pendaftaran lengkap mulai dari personil intelijen, lalu lintas dan personil dari shabara.

Mulai Minggu (26/7) KPU membuka pendaftaran Calon Pasangan Gubernur Sumbar hingga Senin (28/7). (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.