Rabu, 29 Juni 22

Jokowi Tunjuk Risma Jadi Menteri Sosial, Ini Rekam Jejaknya

Jokowi Tunjuk Risma Jadi Menteri Sosial, Ini Rekam Jejaknya
* Tri Rismaharini atau akrab disapa Risma. (Foto: Kabar Surabaya)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggung jawab kepada Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Saya kira kita tahu semuanya beliau adalah walikota Surabaya ya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” ujar Jokowi dalam konferensi persnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Baca juga:

Rekam Jejak Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Baru KKP Pengganti Edhy Prabowo

Jokowi Umumkan Menteri Baru Sebagai Pembantunya

Ini 6 Wajah Baru Menteri Jokowi

Perempuan yang akrab disapa Risma ini sebelumnya dikenal sebagai Wali Kota Surabaya yang akan berakhir masa jabatannya setelah selesainya Pilkada 2020. Lalu dia menggantikan Juliari Batubara sebagai menteri sosial, yang merupakan sesama kader PDI Perjuangan.

Lalu seperti apa sih profil Risma? Berikut sedikit ulasan tentang profil Risma.

Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T. terkadang ditulis Tri Risma Harini, atau yang akrab disapa Risma adalah Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 17 Februari 2016. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya pada 28 September 2010 hingga 28 September 2015.

Perempuan pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah ini juga tercatat sebagai perempuan pertama yang dipilih langsung menjadi wali kota melalui pemilihan kepala daerah sepanjang sejarah demokrasi Indonesia di era reformasi dan merupakan kepala daerah perempuan pertama di Indonesia yang berulang kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia.

Melalui pemilihan langsung, Risma menggantikan Bambang Dwi Hartono yang kemudian menjabat sebagai wakilnya. Pasangan Risma-Bambang diusung oleh PDI-P dan memenangi pilkada Surabaya 2010 dengan perolehan suara mencapai 358.187 suara atau 38,53 persen dari jumlah suara keseluruhan.

Pasangan ini dilantik pada 28 September 2010 oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sidang paripurna DPRD Kota Surabaya. Namun di tengah masa jabatan, Bambang D. H. mengundurkan diri pada 14 Juni 2013 karena maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur pada Pilkada Jawa Timur 2013.

Pasca pengunduran diri Bambang, Risma didampingi oleh Whisnu Sakti Buana, putra politisi senior PDI-P atau wakil ketua MPR RI periode 1999-2004, Ir. Soetjipto, yang terpilih secara aklamasi sebagai wakil Wali Kota Surabaya dalam sidang paripurna DPRD Kota Surabaya pada 8 November 2013 dan resmi dilantik pada  24 Januari 2014.

Pada Pilkada Serentak 2015, pasangan Risma-Whisnu diusung oleh PDI-P dan terpilih kembali dengan meraih kemenangan mutlak yakni sebesar 893.087 suara atau 86,34 persen dari jumlah suara keseluruhan.

Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana dilantik sebagai wali kota dan wakil wali kota Surabaya untuk masa bakti 2016-2021 pada 17 Februari 2016 oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi bersamaan dengan pelantikan 16 bupati/wali kota hasil Pilkada Serentak 2015 di Jawa Timur.

Sebelum menjadi wali kota, Risma menjabat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga 2010.

Perempuan yang lahir di Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961 ini meniti karier sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS) Kota Surabaya sejak dekade 1990-an.

Pada14 September 2018 dalam Kongres UCLG-ASPAC 2018 (Asosiasi Pemerintah Kota dan Daerah Se-Asia Pasifik) di Surabaya, Tri Rismaharini terpilih secara aklamasi sebagai Presiden UCLG-ASPAC untuk masa bakti 2018-2020 menggantikan Gubernur Provinsi Jeju, Korea Selatan, Won Hee-ryong.

Lalu Risma ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial pada tanggal 22 Desember 2020 dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Risma menggantikan Juliari Pieter Batubara yang tersandung kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.