Minggu, 3 Juli 22

Ini 6 Wajah Baru Menteri Jokowi

Ini 6 Wajah Baru Menteri Jokowi
* Presiden Jokowi. (Foto: Bisnis.com)

Jakarta, Obsessionnews.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan 6 (enam) nama yang masuk dalam jajaran kabinet sebagai menteri. Pengumuman itu berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/12/2020).

“Bapak-Ibu, Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi dalam tayangan video YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Menteri yang baru tersebut yakni Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus dugaan suap bansos Covid-19.

“Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah wali kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” ujar Jokowi.

Berikutnya Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan. Budi menggantikan posisi Terawan Agus Putranto yang dinilai kurang perform saat pandemi Covid-19.

“Sadikin. Beliau sebelumnya Direktur utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur utama PT Inalum dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN,” jelas Jokowi.

Jokowi juga menunjuk mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Sandiaga merupakan politikus Partai Gerindra, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, dan juga bekas pesaing Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pemilu 2019.

Selain itu, kejutan lain yakni Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi, dan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edy Prabowo yang terkena OTT KPK.

Nama lain adalah M. Lutfhi yang menjari Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto yang baru setahun menjabat di pos tersebut. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.