Minggu, 28 November 21

Jokowi Resmikan Gunung Tambora Jadi Taman Nasional

Jokowi Resmikan Gunung Tambora Jadi Taman Nasional

Doro Ncanga, Obsessionnews – Kawasan Gunung Tambora, yang sebelumnya merupakan kawasan konservasi, telah menjadi Taman Nasional. Presiden Jokowi menandatangani prasasti sebagai tanda dimulainya peremian taman tersebut.

“Dengan mengucap bismillah, saya juga meresmikan Gunung Tambora sebagai Taman Nasional Gunung Tambora,” ujar Presiden Joko dalam puncak acara Peringatan 200 Tahun Meletusnya Gunung Tambora di Doro Ncanga, Dompu, NTB, Sabtu (11/4/2015).

Jokowi mengajak masyarakat setempat untuk ikut menjaga dan melestarikan kawasan Gunung Tambora, supaya nanti bisa dijadikan sebagai sumber pariwisata di daerah tersebut. “Saya minta Gunung Tambora ini jangan dirusak,” pesan Kepala Negara.

Penetapan kawasan Gunung Tambora menjadi Taman Nasional itu sendiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Nomor SK.111/MenLHK-II/2015 pada 7 April 2015.

Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa dan secara administratif berada di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat itu memiliki luas 71.645,74 ha.

Kawasan ini sangat kaya akan keanekaragaman hayati serta menjadi habitat berbagai jenis satwa. Selain itu, kawasan Gunung Tambora juga menyimpan pesona wisata alam.

Gubernur NTB Zainul Majdi mengatakan pihaknya menjadikan peringatan dua abad letusan dahsyat ini sebagai momen untuk menarik wisatawan. Zainul berharap peringatan ini bisa mengenalkan Tambora kepada wisatawan domestik juga internasional.

Kini pemerintah NTB telah mengajukan Tambora sebagai geopark dunia. Zainul mengatakan tim penilai dari badan kebudayaan dunia, UNESCO, telah datang untuk meninjau Tambora. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.