Selasa, 7 Desember 21

Jokowi: Piala Thomas Akhirnya Kembali ke Indonesia Setelah Penantian 19 Tahun Lamanya

Jokowi: Piala Thomas Akhirnya Kembali ke Indonesia Setelah Penantian 19 Tahun Lamanya
* Jonatan Christie. (Foto: Twitter @INABadminton)

Jakarta, obsessionnnews.com –  Laga tim bulu tangkis putra Indonesia kontra China di final Piala Thomas 2020 yang dihelat di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021), mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu terungkap dari status yang ditulisnya di akun Facebooknya, Minggu.

Baca juga:

Kemenpora Ucapkan Selamat pada Tim Bulu Tangkis Indonesia yang Berhasil Bawa Pulang Piala Thomas

Taklukkan China, Indonesia Raih Juara Piala Thomas 2020

Ini isi status Jokowi di akun Facebooknya:

Ketegangan menyaksikan keseruan laga final Piala Thomas 2020 malam ini akhirnya berubah jadi kegembiraan begitu Jonatan Christie melompat, mengepalkan tangan, dan berteriak girang di akhir gim ketiga. Indonesia juara!

Piala Thomas akhirnya kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya.

Dari tanah air, saya menyampaikan selamat kepada seluruh atlet bulutangkis Indonesia dan para pelatih yang telah berjuang dan mengharumkan nama bangsa di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

Penantian panjang itu berakhir. Setelah menunggu selama 19 tahun akhirnya Indonesia berhasil memboyong kembali Piala Thomas, supremasi tertinggi ajang bulu tangkis beregu putra, ke Tanah Air.

Indonesia terakhir kali memegang Piala Thomas pada 2002 ketika event tersebut digelar di Guangzhou, China. Dalam pertandingan final saat itu Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor  3-2.

Kali ini pasukan Merah Putih menaklukkan sang juara bertahan China 3-0 dalam laga final di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021).

Dalam partai puncak Piala Thomas 2020 tungga putra pertama, Anthony Sinisuka Ginting, membuka keunggulan Indonesia. Dia menang 18-21, 21-14, 21-16 atas Lu Guang Zu.

Kemenangan Ginting itu diikuti ganda putra pertama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka menaklukkan He Ji Ting/Zhou Hao 21-12, 21-19.

Selanjutnya di partai ketiga Jonatan Christie, yang akrab disapa Jojo, menang 21-14, 18-21, 21-14 atas Li Shi Feng.

Dengan demikian dua partai terakhir tak dimainkan. Indonesia menyiapkan ganda putra kedua, Daniel Marthin/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang seharusnya tampil pada partai keempat melawan Liu Cheng/Wang Yi Lyu.

Kemudian Shesar Hiren Rhustavito ditempatkan di partai kelima. Tunggal ketiga Indonesia itu dijadwalkan melawan Weng Hong Yang.

Ini merupakan gelar ke-14 Indonesia di pentas Piala Thomas. Hasil ini pun kian menegaskan dominasi Indonesia sebagai pemegang gelar terbanyak Piala Thomas, mengungguli China yang “baru” 10 kali juara. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.