Selasa, 7 Desember 21

Taklukkan China, Indonesia Raih Juara Piala Thomas 2020

Taklukkan China, Indonesia Raih Juara Piala Thomas 2020
* Jonatan Christie. (Foto: Twitter @INABadminton)

Obsessionnews.com – Penantian panjang itu berakhir. Setelah menunggu selama 19 tahun akhirnya Indonesia berhasil memboyong kembali Piala Thomas, supremasi tertinggi ajang bulu tangkis beregu putra, ke Tanah Air.

Baca juga:

Tumbangkan Tuan Rumah Denmark, Indonesia Melesat ke Final Piala Thomas

Kalahkan Taipei 3-2, Indonesia Juara Grup A Piala Thomas 2020

Indonesia terakhir kali memegang Piala Thomas pada 2002 ketika event tersebut digelar di Guangzhou, China. Dalam pertandingan final saat itu Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor  3-2.

Kali ini pasukan Merah Putih menaklukkan sang juara bertahan China 3-0 dalam laga final di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021).

Dalam partai puncak Piala Thomas 2020 tungga putra pertama, Anthony Sinisuka Ginting, membuka keunggulan Indonesia. Dia meraih kemenangan 18-21, 21-14, 21-16 atas Lu Guang Zu.

Kemenangan Ginting itu diikuti ganda putra pertama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka menaklukkan He Ji Ting/Zhou Hao 21-12, 21-19.

Selanjutnya di partai ketiga Jonatan Christie, yang akrab disapa Jojo, menang 21-14, 18-21, 21-14 atas Li Shi Feng.

Dengan demikian dua partai terakhir tak dimainkan. Indonesia menyiapkan ganda putra kedua, Daniel Marthin/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang seharusnya tampil pada partai keempat melawan Liu Cheng/Wang Yi Lyu.

Kemudian Shesar Hiren Rhustavito ditempatkan di partai kelima. Tunggal ketiga Indonesia itu dijadwalkan melawan Weng Hong Yang.

Ini merupakan gelar ke-14 Indonesia di pentas Piala Thomas. Hasil ini pun kian menegaskan dominasi Indonesia sebagai pemegang gelar terbanyak Piala Thomas, mengungguli China yang “baru” 10 kali juara. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.