Minggu, 19 September 21

Jokowi Bersyukur Atas Rampungnya Renovasi Masjid Istiqlal

Jokowi Bersyukur Atas Rampungnya Renovasi Masjid Istiqlal
* Tangkapan layar Masjid Istiqlal di Jakarta yang telah direnovasi. (Foto: FB Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan rasa syukurnya atas rampungnya renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

 

Baca juga: 

Senyum Anak-anak Indonesia Membuat Jokowi Bersemangat Bekerja

Jokowi Minta Pengelola Masjid Istiqlal Siapkan Protokol Kesehatan

 

“Alhamdulillah, setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah seusai rampungnya pekerjaan renovasi besar oleh Kementerian PUPR. Inilah wajah terbaru Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dibuka sejak tahun 1978,” kata Jokowi di laman Facebooknya, Sabtu (25/7/2020).

Jokowi menjelaskan, kawasan masjid sudah melalui penataan baru meliputi pengembalian aksis Monas dan kerapian zonasi kawasan, dan perbaikan gerbang.

Selain itu dilakukan penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tanggul sungai, penambahan gedung parkir bawah tanah, perbaikan kantin dan penambahan area pedagang kaki lima (PKL).

Renovasi besar dilakukan pada arsitektur masjid yang mencakup fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet dan kamar mandi. Sementara renovasi interior masjid dilakukan pada ruang salat utama, area VIP dan kantor pengurus masjid.

Begitu juga instalasi solar panel pada atap selasar, tata pencahayaan interior dan eksterior, sampai pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior.

Seluruh renovasi besar itu dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp475 miliar. Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi, dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.