Kamis, 9 Desember 21

Inilah Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui

Inilah Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui
* Buah anggur. (sehatq)

Ternyata, banyak manfaat buah anggur bagi kesehatan.  Ada banyak jenis anggur yang kita kenal, yaitu anggur hijau, merah, hitam, kuning, dan merah muda. Buah anggur juga tumbuh dalam kelompok dan varietas berbiji dan tanpa biji.

Selain rasanya enak, anggur memberikan banyak manfaat kesehatan berkat kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Dalam secangkir anggur, setidaknya terkandung seperempat dari kebutuhan vitamin C harian, 29 persen vitamin K, dan 10 persen tembaga. Lantas, manfaat apa saja yang dapat dirasakan dari zat yang terkandung dalam anggur?

Berikut manfaat buah anggur yang jarang diketahui:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mengandung vitamin C dan A, anggur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui sifat antimikroba alaminya. Satu porsi cangkir memberi pasokan 71 gram air, yang penting untuk hidrasi dan aliran darah yang sehat, serta untuk membuang limbah tubuh.

Mengandung Antioksidan untuk Memperlambat Penuaan

Anggur mengandung beberapa antioksidan berbeda. Di antaranya diketahui dapat mengurangi peradangan dan mendukung aliran darah yang sehat. Antioksidan dalam anggur juga baik untuk otak (memori), anti-aging, dan memberikan umur panjang secara keseluruhan. Kandungan quercetin dalam anggur hitam dan merah sudah terbukti melindungi tubuh dari penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Biji anggur kaya akan vitamin E, yang menjaga kulit tetap halus dan terhidrasi. Senyawa lain dalam anggur dapat membantu mencegah jerawat dan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala untuk rambut yang lebih sehat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Melatonin alami dalam anggur berkaitan dengan kualitas tidur yang lebih lama dan lebih baik. Perlu diketahui, insomnia mempengaruhi sejumlah risiko kesehatan. Misalnya saja diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Anggur menyehatkan jantung dalam beberapa cara. Buah ini juga terbukti mencegah pengerasan arteri, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, mencegah pembekuan darah, dan menurunkan risiko peradangan. Sebuah penelitian membuktikan anggur juga membantu mengurangi kolesterol dengan mengurangi penyerapan senyawa ke dalam darah.

Melindungi Penglihatan yang Sehat

Lutein dan zeaxanthin dalam anggur melindungi retina dan lensa mata. Kandungan ini terbukti dapat:

– Mengurangi ketidaknyamanan dari silau.
– Meningkat kontras visual.
– Mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih dari tekanan cahaya terang.

Lutein dan zeaxanthin juga membantu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak, dua gangguan mata yang umum terjadi pada lansia.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Anggur tidak memiliki banyak serat. Namun, jumlah serat yang didapat dari anggur cukup untuk membantu keteraturan kerja usus. Selain itu, polifenol anggur bekerja untuk mengubah bakteri usus secara positif dengan cara yang bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini termasuk berkembangnya mikroba yang berkaitan dengan kekebalan dan suasana hati yang positif.

Nah, cukup banyak bukan manfaat dari buah anggur? Dengan mengetahui manfaat buah anggur, maka tidak ada salahnya untuk mulai menjadikan anggur sebagai buah favorit atau menu harian. Manfaat buah anggur semakin terasa jika dikonsumsi secara rutin. (Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.