Jumat, 26 April 24

Ini yang Dilakukan DMC Dompet Dhuafa pada Pengungsi Gempa Ambon

Ini yang Dilakukan DMC Dompet Dhuafa pada Pengungsi Gempa Ambon
* Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menggandeng Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Jakarta  mengadakan Corner Gizi (Cozi) di lokasi pengungsi gempa Ambon. (Foto: DMC Dompet Dhuafa)

Maluku Tengah, Obsessionnews.com – Gempa bumi melanda Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, pada Kamis (26/9/2019) lalu. Sebagai lembaga kemanusiaan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa langsung melakukan respons cepat. Sejak hari kejadian DMC Dompet Dhuafa langsung menginisiasi Pos Hangat, Dapur Umum, bantuan logistik, Pos Medis, Taman Ceria, dan yang paling baru menggandeng Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Jakarta untuk mengadakan Corner Gizi (Cozi).

 

Baca juga:

Kementerian PUPR Salurkan Bantuan ke Lokasi Gempa Ambon

ACT Kerahkan Relawan Bantu Korban Gempa Ambon

 

Kabag Program Unggulan LKC Jakarta menerangkan Cozi merupakan aktivitas yang mendukung kecukupan gizi di situasi bencana. Kegiatan ini berfokus pada kelompok rentan seperti bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui dan lansia dengan mengunjungi tenda-tenda pengungsi.

“Kita lakukan konseling menyusui. Sebab ibu menyusui rentan stres di situasi bencana yang mempengaruhi produksi ASI. Jadi diajarkan teknik pijat hormon Oksitosin agar suasana hati ibu bisa lebih ceria,” ujar Bunga dalam keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Selasa (8/10).

Lalu diadakan pula edukasi terkait makanan instan pada situasi bencana yang rentan terhadap kebersihan dan kecukupan gizi. Maka, lanjutnya, para ibu diajarkan cara-cara meminimalisir risikonya dengan mengolah bahan-bahan tersebut menjadi bergizi seimbang.

“Misalnya untuk mi sebagai pengganti karbohidrat, kita sarankan untuk ditambahkan dengan sayur dan telur. Jadi tetap merujuk pada Pedoman Gizi Seimbang. Juga mempertajam pengetahuan ibu terhadap sumber makanan yang bisa dimanfaatkan di situasi darurat,” tandasnya.

Selain itu diadakan juga demo masak makanan tambahan bagi bayi >6 bulan – 2 tahun yang harus disesuaikan tekstur makanannya. Di akhir tim membagikan makanan tambahan berupa bubur tim, kacang hijau, dan beras. Dibagikan juga 23 kelambu untuk penyintas yang memiliki bayi. Adapun jumlah penerima manfaat sebanyak 98 orang untuk seluruh rangkaian kegiata Cozi di hari pertama ini.

DMC Dompet Dhuafa adalah jejaring dari Dompet Dhuafa yang menjadi garda terdepan dalam pengelolaan kebencanaan, baik dalam maupun luar negeri. Telah beraktivitas sejak tahun 1994, DMC Dompet Dhuafa secara resmi berdiri pada 25 Maret 2010 dengan tugas pokok pengelolaan kebencanaan pada masa sebelum terjadi bencana (prabencana) melalui kampanye pengurangan risiko bencana, saat terjadi bencana (tanggap darurat) dengan respons bencana dan setelah terjadi bencana (pascabencana) dengan pemulihan. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.