Senin, 27 September 21

Ini Syarat Agar Masalah di Sektor Migas Bisa Beres

Ini Syarat Agar Masalah di Sektor Migas Bisa Beres

Jakarta, Obsessionnews – Ada beberapa syarat yang kudu dikerjakan supaya pembenahan di sektor migas bisa cepat beres. “Asumsi, regulasi, cara kelola dan perilaku regulator harus berbenah. Tidak bisa lagi gunakan asumsi masa lalu,” kata Menteri ESDM Sudirman Said kepada wartawan usai pembukaan Indonesia Petroleum Association (IPA), di Jakarta, Rabu (20/5).

Menurut Said, sekitar 20 tahun lalu Indonesia memang termasuk pemasok besar minyak dunia. Bahkan, lantaran kebutuhan di dalam negeri terbilang kecil lifting minyak pun selalu surplus. Tapi kini, di tengah situasi yang kurang menguntungkan, investasi di sektor migas perlu ditata ulang secara mendasar.

Said menyebutkan, ketika kepemimpinan tidak menujukkan sikap tulus, maka upaya pembenahan sektor migas tidak akan pernah berhasil. Makanya, Indonesia sekarang perlu belajar dari kekeliruan di masa lalu lantaran budaya korupsi cukup lekat di sektor ini. “Dan kita tidak boleh malu mengakui itu,” kata dia.

Belum lagi, terkait regulasi masih juga perlu dilakukan perombakan secara besar-besaran. Termasuk menyederhanakan proses perizinan. “Nanti akan diikuti regulasi-regulasi lain termasuk tata cara kita berkontrak. Pemerintah komit secara fundsamental perbaiki iklim investasi di bidang migas,” jelas Said.

Hubungan dengan para pemangku kepentingan pun sedang diperbaiki. Di masa lalu, menurut Said, hubungan antara Dirjen migas dengan pimpinan instansi lain yang terkait tidak terlalu baik. Sekarang, mereka sudah bisa duduk bersama.

“Sekarang ada komite eksplorasi dan jadi unit yang leluasa bekerja menjembatani antara pemerintah dengan para stakeholder,” jelas Said. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.