Rabu, 16 Oktober 19

Ini 4 Tempat Wisata Ramah Muslim di Belanda

Ini 4 Tempat Wisata Ramah Muslim di Belanda
* Amsterdam Westermoskee Aya Sofya adalah masjid terbesar di Belanda, kapasitas 2500 orang (Photo: Gulf Times)

Tidak dapat disangkal bahwa tempat wisata ramah Muslim saat ini sedang berkembang dan digandrungi banyak orang.

Tercatat, pariwisata halal menyumbang 11 persen dari industri pariwisata global. Ditaksir sebesar € 140,7 juta (sekitar Dh632.6 juta) pada tahun 2016. Diperkirakan akan tumbuh menjadi € 284 juta pada 2022.

Menurut Mastercard-HalalTrip Muslim Millennial Travel Report 2017, diproyeksikan bahwa total pengeluaran dari wisatawan milenium Muslim akan melampaui $ 100 miliar (Dh367 miliar) pada 2025.

Segmen ini terdiri dari wisatawan yang bersemangat melakukan perjalanan dua hingga lima kali per tahun. Untuk rata-rata empat hingga enam hari per perjalanan.

Tak perlu diragukan lagi, perjalanan yang ramah Muslim adalah bisnis global yang amat menggiurkan, tidak terkecuali di Belanda. Merupakan salah satu negara di Eropa yang lebih mudah diakses oleh umat Muslim dalam beberapa kali. Direncanakan, Belanda akan menjadi tuan rumah Halal Expo Eropa 2018 pada bulan Juni mendatang.

Berikut 4 tempat wisata ramah muslim di Negeri Kincir Angin ini:

Amsterdam

Ibu Kota Belanda ini memang dikenal karena beberapa penawaran hedonistik. Anda dapat menjelajahi kanal yang indah dan segala macam museum yang menarik.

Anda bisa berjalan menyusuri kota yang penuh warna dan rumah-rumah indah, jembatan dan kanal-kanal. Ada banyak landmark untuk dijelajahi, termasuk Anne Frank House dan Van Gogh Museum.

Dalam hal makanan, Anda tidak perlu takut kelaparan. Karena di Amsterdam ada lebih dari 60 restoran yang menyajikan makanan halal. Di antaranya ialah Arab Lounge, Addis Ababa yang mengkhususkan diri dalam masakan Etiopia, dan Ali Ocakbasi untuk sajian ala Turki dan Bella Riva, rumahnya pizza.

Sayangnya, Anda mungkin tidak akan menemukan hotel yang 100 persen halal. Namun, ada beberapa hotel yang banyak melayani wisatawan Muslim. Di antaranya Hotel Larende, Hotelboot Zwaan dan Grand Hotel Downtown.

Hotel tersebut bisa menghidangkan bermacam pilihan sarapan halal. Ada juga Bed and Breakfast Amsterdam Holy Dove, yang melarang merokok dalam bentuk apa pun.

Kabar baiknya lagi, Amsterdam adalah rumah bagi banyak masjid, termasuk Westermoskee Aya Sofya (yang terbesar di negara ini), Masjid Al-Karam, Masjid Al-Hijra, Masjid Al-Ummah dan Masjid Et-Tawheed.

Rotterdam

Kota kedua terbesar di Belanda ini adalah perpaduan arsitektur bersejarah dan modern, menawarkan cakrawala yang mengesankan. Menara Observasi Euromast adalah tempat yang wajib Anda dikunjungi.

Banyak makanan halal dapat ditemukan di sini. Seperti Bazar yang menawarkan hidangan khas Maroko. Sementara Zainab Roshni, sangat cocok untuk orang India. Untuk mencari gigitan ringan atau cemilan lezat, ada Grillig Sandwiches, yang memiliki beberapa sandwich terbaik di kota.

Hotel ramah muslim di Rotterdam ini ialah Bastion Hotel Rotterdam Alexander, Best Western Plus Rotterdam Airport Hotel dan Bilderberg Parkhotel Rotterdam. Kota ini memang tidak memiliki banyak masjid terkenal seperti di Amsterdam. Tetapi, Rotterdam memiliki masjid terbesar kedua di Belanda, yakni Masjid Essalam.

Utrecht

Utrecht adalah rumah dengan struktur yang berasal dari Abad Pertengahan. Tempat dimana universitas terbesar lahir di negara itu.

Dijuluki kota kuno, Utrecht juga dikenal dengan kanal yang indah, istana dan gereja. The Rietveld Schröderhuis, Situs Warisan Unesco, dianggap sebagai salah satu ikon dari gerakan modern dalam arsitektur mereka.

Restoran halal memang tidak banyak di sini, tapi yang terbaik yang bisa Anda kunjungi adalah masakan Mediterania Restaurant Saffraan dan Helal Burgers & Shoarma untuk beberapa makanan cepat saji.

Di Utrecht, ada Hotel Van der Valk Hotel Houten Utrecht yang menawarkan fasilitas ramah Muslim. Ada beberapa masjid di antaranya Anwar-E-Qoeba, Es Salaam dan Masjid Sayyidina Ibrahim.

The Hague

Kota pemerintah yang terletak di dekat garis pantai Laut Utara ini memiliki banyak monumen dan atraksi, termasuk Binnenhof dan The Peace Palace.

Restoran halal terbaik tersedia di sini, yakni Baladi Manouche, Warung Mini yang menyajikan masakan Indonesia yang lezat dan A Taste of Persia, restoran terbaik dan populer.

Sayangnya, hotel ramah muslim di The Hague tidak sebanyak di kota yang disebutkan di atas. Tetapi, ada The Student Hotel The Hague yang melayani wisatawan Muslim.

Ada tiga masjid utama di sini, yakni Masjid Mobarak yang dikenal sebagai masjid pertama yang dibangun khusus Belanda, Mescidi-Aksa Mosque dan As-Soennah Mosque.  (Vina/ Sumber: Gulf News)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.