Minggu, 5 Februari 23

India Melarang Film BBC tentang Kekejaman Rezim PM Modi Terhadap Muslim

India Melarang Film BBC tentang Kekejaman Rezim PM Modi Terhadap Muslim
* PM India Narendra Modi hadiri sesi KTT Pemimpin G20 di Bali pada 16 November 2022. (CNN)

India telah melarang penayangan film dokumenter BBC yang mengkritik dugaan peran Perdana Menteri (PM) Narendra Modi dalam kerusuhan mematikan lebih dari 20 tahun lalu di negara mayoritas Hindu tersebut.

Perilaku PM Narendra Modi yang dikenal Hindu radikal ektrim, dalam tindakan yang dikecam para kritikus sebagai serangan terhadap kebebasan pers.

Ini adalah film dokumenter BBC tentang kekejaman pemerintahan radikal India PM Modi terhadap kaum Muslim di India.

Orang-orang Hindu India berusaha menghapus film tersebut dari semua platform di internet yang memberi warna jelas kekejaman mereka dan tentang Islamofobia yang marak di era rezim PM Modi.

Seorang penasihat senior Kementerian Informasi dan Penyiaran mengatakan, arahan untuk memblokir film dokumenter tersebut dikeluarkan dengan menggunakan “kekuatan darurat” yang tersedia bagi pemerintah di bawah peraturan informasi dan teknologi India.

“Video yang membagikan propaganda bermusuhan @BBCWorld dan sampah anti-India, disamarkan sebagai ‘dokumenter’, di @YouTube dan tweet yang membagikan tautan ke dokumenter BBC telah diblokir berdasarkan undang-undang dan peraturan kedaulatan India,” tulis penasihat senior Kanchan Gupta di Twitter Sabtu, menambahkan YouTube dan Twitter telah mematuhi perintah tersebut.

CNN telah menghubungi Twitter dan YouTube untuk memberikan komentar tetapi belum mendengar kabar.

Dokumenter dua bagian “India: Pertanyaan Modi,” mengkritik Modi, yang menjadi menteri utama negara bagian barat Gujarat pada tahun 2002 ketika kerusuhan pecah antara mayoritas Hindu dan minoritas Muslim di negara bagian itu.

Kekerasan meletus setelah pengeboman kereta menewaskan puluhan umat Hindu dan disalahkan pada umat Islam. Sebagai pembalasan, massa Hindu membakar rumah dan toko milik Muslim. Lebih dari 1.000 orang – kebanyakan Muslim – tewas, menurut angka pemerintah.

Modi dan Partai Bharatiya Janata yang berkuasa naik ke tampuk kekuasaan di India pada 2014, menunggangi gelombang nasionalisme Hindu di negara berpenduduk 1,3 miliar itu, di mana hampir 80% populasi menganut agama tersebut.

Dia sebelumnya membantah tuduhan bahwa dia gagal menghentikan kekerasan pada tahun 2002 dan tim investigasi khusus yang ditunjuk oleh Mahkamah Agung India pada tahun 2012 tidak menemukan bukti yang menunjukkan dia bersalah.

Perdana Menteri India Narendra Modi memberi isyarat saat ia tiba untuk memberikan suaranya pada tahap kedua pemilihan majelis negara bagian Gujarat di Ahmedabad pada 5 Desember 2022.
Partai Perdana Menteri India Modi meraih kemenangan besar dalam pemilihan negara bagian Gujarat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagchi menyebut film dokumenter itu sebagai “karya propaganda yang dirancang untuk mendorong narasi tertentu yang didiskreditkan.”

Berbicara kepada wartawan pada konferensi pers hari Kamis, Bagchi mengatakan: “Itu membuat kami bertanya-tanya tentang tujuan latihan ini dan agenda di baliknya dan terus terang kami tidak ingin menghargai upaya semacam itu.”

Sebagai tanggapan, BBC mengatakan dalam pernyataan yang dibagikan di media sosial bahwa film dokumenter itu “diteliti secara cermat sesuai dengan standar editorial tertinggi”.

Film tersebut mempertimbangkan, “berbagai suara, saksi, dan pakar… termasuk tanggapan dari orang-orang di BJP),” kata pernyataan itu.

Pemerintah India menolak untuk menjawab ketika dihubungi oleh BBC, tambah pernyataan itu.

CNN telah menghubungi BBC untuk komentar lebih lanjut tetapi belum mendengar kabar.

Ketakutan akan sensor
Pelarangan film dokumenter tersebut telah menyebabkan dendam di antara banyak orang di India, dengan pendukung Modi mendukung pembelaannya dan politisi oposisi mengkritik langkah tersebut.

Juru bicara BJP RP Singh mengatakan dia menyambut baik larangan tersebut.

“Mengingat pemilu 2024, ekosistem sedang dibangun untuk menodai citra PM Narendra Modi ji,” katanya dalam pernyataan di Twitter.

Tetapi anggota parlemen oposisi Mahua Moitra mengatakan “tindakan sensor yang mengamuk dari pemerintah tidak dapat diterima.”

“Apa yang dibuktikan atau disangkal oleh acara BBC terserah pemirsa untuk memutuskan,” katanya.

Seorang penyintas perkosaan India, Bilkis Bano bereaksi selama konferensi pers di New Delhi pada 8 Mei 2017. Pengadilan India pada 4 Mei menghukum lima petugas polisi dan dua dokter karena merusak bukti dalam pemerkosaan berkelompok terhadap seorang wanita hamil dan pembunuhan keluarganya selama satu salah satu insiden kerusuhan agama terparah sejak kemerdekaan.

Pemerkosanya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Sekarang mereka bebas, dan dia bersembunyi. PM India Narendra Modi hadiri sesi KTT Pemimpin G20 di Bali pada 16 November 2022. (CNN)

Film dokumenter tersebut mengeksplorasi laporan pemerintah Inggris yang tidak dipublikasikan yang diperoleh oleh BBC, yang menurut penyiar publik Inggris datang dalam bentuk kabel diplomatik.

Laporan tersebut, menurut BBC, mengungkapkan kekerasan yang menunjukkan peristiwa tersebut memiliki “semua tanda pembersihan etnis”, mengklaim adanya “pemerkosaan yang meluas dan sistematis terhadap wanita Muslim”.

BBC mengatakan Jack Straw, yang adalah menteri luar negeri Inggris pada tahun 2002 dan tampil dalam film dokumenter tersebut, mengklaim bahwa Modi telah “memainkan peran pra-aktif dalam menarik kembali polisi dan secara diam-diam mendorong para ekstremis Hindu.”

Bagian pertama dari film dokumenter tersebut ditayangkan di BBC pada 17 Januari, dengan bagian kedua akan tayang pada hari Selasa. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.