Senin, 20 Mei 24

Hoaks Pengurangan Populasi Dunia pada 2030

Hoaks Pengurangan Populasi Dunia pada 2030
* Hoaks Pengurangan Populasi Dunia pada 2030 (Foto: Kominfo.go.id)

Obsessionnews.com — Beredar sebuah unggahan mengenai Konferensi Internasional tentang Kependudukan dan Pembangunan (ICPD) PBB tahun 1994 di Kairo. Narasi unggahan Facebook menyebutkan, KTT tersebut menyepakati pengurangan populasi penduduk dunia menjadi 800 juta jiwa pada tahun 2030.

Disebutkan, kesepakatan ini dilakukan oleh delegasi dari 160 negara. Narasi unggahan menggambarkan bahwa para delegasi menyadari bahwa pertumbuhan penduduk dunia di luar kendali, dan harus dihentikan.

Namun, setelah ditelusuri melalui situs Kementerian Kominfo, narasi unggahan tersebut hoaks. Artikel milik seorang peneliti senior di Pusat Penelitian Kependudukan dan Kesehatan Afrika, Caroline Kabiru menepis hoaks tersebut.

Ia menegaskan, delegasi ICPD pada tahun 1994 bukan hanya dari 160 negara. Sebab, ada 179 negara mengirimkan perwakilan mereka kala itu.

Caroline juga menekankan, narasi mengenai rencana depopulasi adalah salah kaprah dan keliru. Maka, dapat disimpulkan informasi yang beredar masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

“Program Aksi tidak menyebutkan target demografis apa pun. Faktanya, dokumen tersebut menyoroti pertumbuhan populasi yang diharapkan,” kata Caroline. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.