Sabtu, 4 Juli 20

Gong Xi Fa Cai atau Xin Nian Kuai Le, Ini Penjelasannya

Gong Xi Fa Cai atau Xin Nian Kuai Le, Ini Penjelasannya
* Pernak pernik yang biasa di jual pada hari perayaan Gong Xi Fa Cai. (Foto: Edwin B/obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menjelang datangnya hari Imlek 2020, di media sosial (medsos) banyak sekali warganet yang memberikan ucapan selamat pada hari Gong Xi Fa Cai itu. Puluhan bahkan ratusan warganet yang mengucapkan hal itu dalam beberapa bahasa.

Dari sejumlah warganet tersebut, masih banyak yang salah kaprah mengenai arti dan makna dari Gong Xi Fa Cai. Bila diartikan, Gong Xi Fa Cai atau Kiong Hi Fa Cai adalah selamat dan sejahtera.

Baca juga: Sambut Imlek 2020, Neo Soho Mall Beri Potongan Harga Spesial

Banyak orang memahami kalau Gong Xi Fa Cai sebagai ucapan saat imlek. Sebenarnya kata-kata itu memiliki arti tersendiri agar membawa semangat baru di tahun yang baru. Tentunya sangat tepat diucapkan pada tahun baru.

Berdasarkan sumber dari Wikipedia, Gong Xi Fa Cai atau Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15 (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti ‘malam pergantian tahun’.

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan tahun baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam tahun baru, serta penyulutan kembang api.

Baca juga: Sambut Imlek 2020, Ambhara Hotel Gelar Acara ‘Love In Beijing-Chinese’

Meskipun penanggalan Imlek secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok sering kali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Setidaknya sekarang ada tiga tahun berangka 1 yang digunakan oleh berbagai ahli, sehingga pada tahun 2017 Masehi, “Tahun Tionghoa” dapat jadi tahun 4715, 4714, atau 4654.

Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Ini termasuk Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873).

Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi suku Han yang signifikan, Tahun Baru Imlek juga dirayakan, dan telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut.

Baca juga: Meriahkan Imlek 2020, JHL Solitaire Gading Serpong Siapkan Tiket Pulang Pergi ke Shanghai

Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang mengubah ucapan Gong Xi Fa Cai menjadi Xin Nian Kuai Le, yang mengartikan selamat tahun baru. Kalimat Gong Xi sendiri memiliki ceritanya. Dikisahkan seorang warga berhasil melawan monster Nian. Ada juga kisah lainnya tentang masyarakat yang berhasil melewati musim dingin.

Dengan berhasil melewati musim dingin tersebut berarti berhasil tetap hidup untuk tahun berikutnya. Semenjak itu masyarakat saling mengucapkan Gong Xi kepada mereka yang berhasil melewati musim dingin itu.

Selain itu, tidak sedikit orang yang merasa bahwa Gong Xi Fa Cai identik dengan rejeki materi bukan memberikan selamat atau merayakan kebersamaannya. Karena berkaitan dengan materi, anak-anak berpikiran bahwa dengan mengatakan Gong Xi lalu akan diberi uang dalam bentuk angpao.

Bagi orang yang tidak mengerti mengenai cara menyampaikan salam ini. Sebaiknya mengikuti untuk mengatakan Gong Xi Fa Chai ketimbang Xin Nian Kuai Le. Karena orang awam akan lebih familiar dengan ucapan itu.

Namun tidak ada salahnya apabila menggabungkan keduanya, karena akan menjadi arti atau makna yang lebih dalam lagi. Dapat diartikan menjadi ‘selamat tahun baru, semoga berbahagia’. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.