Selasa, 14 Mei 24

Ganjar Pranowo Sebut Kurikulum Pendidikan Harus Kekinian

Ganjar Pranowo Sebut Kurikulum Pendidikan Harus Kekinian
* Bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo hadir langsung dalam sesi talkshow bertajuk ‘Ask Me Anything’ dalam acara IdeaFest 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada Sabtu (30/9/2023). (Foto: Agnes)

Obsessionnews.com – Bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo hadir langsung dalam sesi talkshow bertajuk ‘Ask Me Anything’ dalam acara IdeaFest 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada Sabtu (30/9/2023).

 

Baca juga:

Bingung! Kawinkan Paksa Prabowo dan Ganjar, Hadapi Anies-Imin

Lari Pagi di SCBD Jakarta, Ganjar Pranowo Disambut Teriakan “Ganjar Presiden, Ganjar Presiden 2024”

 

 

Salah satu panelis tiba-tiba menyinggung soal lapangan kerja yang menjadi permasalahan penting di Indonesia.

Banyak anak muda di Indonesia kini khawatir tidak dapat kerja, terutama karena keberadaan Artificial Intelligence (AI) yang makin memudahkan pekerjaan manusia.

Jurnalis Azizah Hanum yang berperan panelis bahkan memberi contoh soal adanya curhatan lulusan universitas ternama yang kalah bersaing dengan lulusan SMK. Salah satu alasannya lantaran bayaran yang setara UMP hingga pengalaman.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar Pranowo justru menyebut jika kurikulum pendidikan di Indonesia harus mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya kurikulum, namun juga pelajar dan mahasiswa di Indonesia juga harus adaptif.

“Kurikulum dan pelajar serta mahasiswa harus adaptif. Mereka buth magang, pengenalan dengan industri. Itu kekinian banget,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kampus harus memberikan rasa Merdeka kepada mahasiswanya.

“Sebenarnya kampus juga harus memerdekakan mahasiswanya, memerdekakan kurikulumnya, dan lebih ramah pada lingkungan,” kata Ganjar.

“Lingkungan itu apa? Lingkungan eksternal, maka kalau dia kaku-kaku aja begitu itu akan terjadi percayalah kalah sama sekolah vokasi,” sambung dia.

Ganjar juga menjelaskan pendidikan tidak hanya memberi perintah melainkan perlu mencari dan mengembangkan bakat serta talenta yang dimiliki. (Agnes)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.