Selasa, 21 Mei 24

Empat Mobil Damkar ‘Padamkan’ Air Rob

Empat Mobil Damkar ‘Padamkan’ Air Rob

Semarang, Obsessionnews – Setidaknya empat mobil Pemadam Kebakaran asal Dinas Kebakaran Kota Semarang turun ke lokasi banjir, di Jalan Barito guna mempercepat proses pengeringan air rob yang telah menggenang selama sebulan terakhir. Belasan petugas juga nampak di lokasi membersihkan sisa-sisa lumpur yang ada.

Para petugas yang biasanya berjubaku dengan api, kini malah bertarung dengan air rob di sepanjang Jalan Barito Selatan hingga Utara.Pelaksana Tugas Kepala Operasional Damkar Kota Semarang, Suwarto mengatakan, petugas memang sudah biasa membantu menyedot air, jika memang diperlukan.

“Sesuai perintah atasan. Kami sendiko dawuh. Ya tidak ada perbedaan karena kami memang sudah terbiasa,” kata dia kepada obsessionnews.com, Minggu (14/8/2016).

Menurutnya, petugas pemadam harus siap menghadapi berbagai kondisi, termasuk membersihkan banjir. Ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan sebelum mobil menyedot air. Diantaranya menyingkirkan lumpur dan sampah di sekitar lokasi.

“Karena kalau tidak dibersihkan, nanti sampahnya ikut masuk ke mesin. Mobil bisa pingsan,” ujarnya.

Pihaknya telah menyedot dari jam sembilan pagi, hingga sore hari. Lama penyedotan bergantung jumlah intensitas banjir. Seluruh air dibuang ke sungai yang terletak di sisi kiri jalan. Petugas terpaksa masuk ke rumah penduduk, agar bisa menempatkan ujung selang ke tepi sungai.

Sementara Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang sedang meninjau proses pengeringan menjelaskan, keempat mobil damkar ini sengaja diturunkan untuk membantu instansi lain dalam menangani persoalan banjir.

“Siang hari ini dengan kawan PSDA lakukan cheking lapangan. Ada tiga Alhamdulilahh sudah bisa kering. Kami juga terjunkan mobil pemadam untuk atasi genangan air, ” terangnya.

Ia menilai banjir di kawasan ini disebabkan banyaknya sampah yang menumpuk di saluran-saluran air. Selain menerjunkan Damkar, sejumlah instansi lain seperti PSDA dan Bina Marga juga turut datang untuk ikut membereskan masalah ini.

“Kalau PSDA bisa cek saluran air. Bina Marga bisa dicek tata letak wilayahnya, nanti ditata biar cantik,” tandasnya. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.