Sabtu, 7 Desember 19

Ekspor Perhiasan Indonesia Tembus USD2,05 Miliar Sepanjang 2018

Ekspor Perhiasan Indonesia Tembus USD2,05 Miliar Sepanjang 2018
* Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih. (Foto: Kemenperin)

Jakarta, Obsessionnews.com – Industri perhiasan merupakan salah satu sektor andalan dalam upaya memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional, salah satunya melalui capaian nilai ekspor. Hal ini lantaran produk perhiasan dalam negeri mampu berdaya saing global dan memiliki nilai tambah tinggi.

Baca juga: Enam IKM Perhiasan Indonesia Mejeng di Pameran Hongkong

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat nilai ekspor produk perhiasan Indonesia mampu menembus hingga USD2,05 miliar sepanjang tahun 2018. Beberapa negara tujuan utama ekspornya antara lain ke Singapura, Swiss, Hongkong, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih
menjelaskan negara-negara tersebut mendominasi hingga 93,02% dari total ekspor produk perhiasan nasional.

Saat ini Indonesia menempati peringkat ke-9 dunia sebagai eksportir perhiasan dengan pangsa pasarnya lebih dari 4% di kancah global.

“Untuk memperluas akses pasar, kemenperin terus berupaya untuk menggenjot laju pertumbuhan industri perhiasan,” tutur Gati dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (29/9/2019).

Ia meyakini partisipasi pada pameran perhiasan skala internasional ini dinilai cukup penting fungsinya sebagai upaya pengembangan investasi industri dan perdagangan perhiasan nasional.

“Dengan terus gencarnya kegiatan promosi secara offline, penjualan dan ekspor akan terdongkrak naik,” tandasnya.

Kemenperin terus mendorong pengembangan industri perhiasan Indonesia agar mampu berdaya saing di kancah global. Salah satu langkah strategis yang telah dilakukan adalah memfasilitasi sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) perhiasan untuk ikut serta pada ajang bergengsi, yakni Hongkong Jewellery and Gem Fair 2019. Kegiatan ini telah berlangsung pada 18-22 September 2019 di Hongkong Convention and Expo Center. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.