Sabtu, 20 April 24

Eks Menkes Perancis Diusut Kasus Hukum Penanganan Covid-19

Eks Menkes Perancis Diusut Kasus Hukum Penanganan Covid-19
* Agnès Buzyn. (France24)

Mantan Menteri Kesehatan Perancis, Agnès Buzyn resmi diselidiki terkait penanganan pandemi Covid-19.

Pihak jaksa penuntut umum mengatakan, penyelidikan terhadap Agnès Buzyn ditempuh karena dia dituduh “membahayakan nyawa orang lain” setelah mundur dari jabatan menteri kesehatan pada 2020, untuk mengikuti pemilihan wali kota Paris–yang kemudian berujung gagal.

Pengadilan pelanggaran khusus akan memutuskan apakah akan menuntutnya.

Ini merupakan salah satu kasus pertama di dunia seorang menteri dimintai pertanggungjawaban secara hukum dalam menangani pandemi.

Pada sesi mendengarkan kesaksian hari Jumat (10/9/2021), perempuan 58 tahun itu mengatakan dirinya menyambut baik kesempatan untuk menjelaskan dan “untuk menegakkan kebenaran”, sebagaimana dilaporkan kantor berita AFP.

Dia menegaskan bahwa tak akan membiarkan tindakan pemerintah atau dirinya sendiri didiskreditkan “ketika kami melakukan banyak hal untuk mempersiapkan negara kami menghadapi krisis kesehatan global”.

Buzyn menjadi menteri kesehatan Prancis pada Mei 2017, dan mengundurkan diri hanya beberapa pekan setelah kasus pertama Covid-19 terkonfirmasi di Prancis.

Dia kalah dari rival politiknya, Anne Hidalgo dalam pemilihan wali kota, tahun lalu.

Mantan dokter tersebut kemudian bergabung ke dalam kabinet Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dipimpin Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Januari 2021.  ()

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.