Minggu, 16 Juni 19

Ditahan, KPK Minta Zumi Zola Lebih Kooperatif

Ditahan, KPK Minta Zumi Zola Lebih Kooperatif
* Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Gubernur Jambi Zumi Zola, Senin (9/4/2018). (Foto: Antara /Akbar Nugroho)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menahan Gubernur Jambi Zumi Zola. KPK pun meminta politisi PAN itu bisa bersikap lebih kooperatif, demikian juga para saksi yang akan diperiksa.

“Kami harapkan di pemeriksaan-pemeriksaan berikutnya yang bersangkutan (Zumi Zola) dan para saksi yang kami panggil dapat bersikap kooperatif menjelaskan apa adanya,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa, (10/4/2018).

Zumi ditahan penyidik KPK pasca menjalani pemeriksaan kedua sebagai tersangka, Senin, (9/4). Penahanan Zumi, kata Febri, dilakukan karena KPK telah mengantongi bukti dan alasan yang cukup kuat untuk menahan Zumi.

KPK juga meminta Zumi untuk menghormati proses penyidikan. Menurut Febri, sikap Zumi selama menjalani pemeriksaan akan jadi pertimbangan KPK menjatuhkan tuntutan.

“Akan kami pertimbangkan, tentu nantinya sebagai alasan yang meringankan atau pun alasan yang memberatkan kalau yang terjadi sebaliknya,” kata Febri.

Pada perkara ini, Zumi bersama dengan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan ditetapkan sebagai tersangka, atas kasus suap dan gratifikasi terkait proyek-proyek di Pemprov Jambi senilai Rp6 miliar.

Uang gratifikasi yang diduga diterima dari sejumlah proyek itu, sebagiannya diduga dipakai Zumi untuk menyuap anggota DPRD Jambi dalam memuluskan APBD Jambi tahun anggaran 2018. (Albar)

 

Baca Juga:

KPK Tahan Gubernur Jambi Zumi Zola

Diperiksa KPK, Zumi Zola Siap Ditahan

Diperiksa KPK, Pengacara Harap Zumi Zola Tak Ditahan

PAN Percaya Zumi Zola Tidak Mungkin Korupsi

KPK Telah Tetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola Tersangka?

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.