Jumat, 3 Mei 24

Diduga Rusak, Pesawat Membawa JCH Diturunkan

Diduga Rusak, Pesawat Membawa JCH Diturunkan

Padang, Obsessionnews.com – Pesawat yang membawa Jamaah Calon Haji (JCH) kelompok terbang (kloter) II Embarkasi Padang, Sumatera Barat (Sumbar) gagal berangkat ke tanah suci Arab Saudi sekitar pukul 13:25 WIB diduga karena mengalami kerusakan bagian engine pesawat.

“Pilot memutuskan balik ke parkiran karena dicurigai ada masalah,” kata Manager Operasi Angkasa Pura Dua Bandara Internasional Minangkabau, Aljog Hendra Budi, Rabu (10/8).

Pesawat yang membawa JCH 449 orang ditambah lima petugas haji ini diketahui ada masalah, sudah berada di landasan pacu saat akan siap untuk terbang menuju tanah suci, Mekkah, Arab Saudi.

“Kejadiannya sekitar pukul 13:25 WIB ketika berada di landasan pacu untuk terbang,” katanya.

CHJ diturunkan

Akibat kejadian itu, pilot membawa pesawat ke parkiran untuk dilakukan pemeriksaan. Berdasarkan pemeriksaan tim teknis, gangguan yang terdapat di bagian engine sebelah kiri pesawat tidak terlalu parah. Petugas tetap berupaya memperbaikinya sehingga JCH tetap berangkat.

“Tiga engine lainnya tidak mengalami kerusakan dan masih berfungsi sebagaimana biasa,” ujarnya menjelaskan.

Aljog mengatakan, JCH tetap berangkat menunggu perbaikan selesai. Dijadwalkan berangkat Rabu (10/8) malam sekitar pukul 19:00 WIB.

Selama berada di parkiran BIM, menjelang pukul 16:30 WIB, JCH masih berada dalam pesawat. Sekitar pukul 16:30 WIB, JCH turun dan langsung menuju ruangan internasional lantai dua BIM dengan berjalan kaki.

“Seluruh JCH untuk sementara diturunkan dari pesawat, karena pada saat mesin pesawat dipanaskan, seluruh penumpang tidak boleh berada dalam pesawat,” katanya.

Berdasarkan jadwal, JCH kloter dua yang berasal dari Kota Padang, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan ini berangkat dari BIM, Kabupaten Padang Pariaman sekitar pukul 13:25 WIB. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.