Sabtu, 6 Maret 21

Di Hadapan Menteri ATR, Apkasi Beri Masukan RPP Penataan Ruang

Di Hadapan Menteri ATR, Apkasi Beri Masukan RPP Penataan Ruang
* (Kiri-kanan): Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Mempawah Erlina Ria Norsan, Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Bupati Bogor Ade Yasin, dan Sekjen Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto. (Foto: Apkasi)

Jakarta, obsessionnews.com – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menemui Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil di Jakarta, Kamis (21/1/2021). Di hadapan Sofyan rombongan dari wadah asosiasi para bupati se-Indonesia ini menyampaikan sejumlah masukan terhadap Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Penyelenggaraan Penataan Ruang sebagai aturan pelaksana UU 11/2020 tentang Cipta Kerja.

 

Baca juga:

Apkasi Dorong Pemkab Bentuk BLUD Khusus Persampahan

Apkasi Launching AOE2021 Secara Virtual

Apkasi Minta Pemerintah Pusat Jelaskan Wewenang Daerah Soal Investasi yang Diatur dalam UU CK

 

”Para bupati berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri ATR Bapak Sofyan Djalil yang sangat terbuka dalam menerima masukan dari Apkasi,” ujar Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas yang juga bupati Banyuwangi.

Selain Anas hadir Ketua Pokja Apkasi tentang RPP/Rancangan Perpres Pelaksana UU Cipta Kerja yang juga Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Bogor Ade Yasin, dan Bupati Mempawah Erlina Ria Norsan.

“Tata ruang adalah pilar kehidupan sosial-ekonomi warga. RPP Penyelenggaraan Penataan Ruang kami harapkan bisa menjadi gerbang pembuka untuk mewujudkan one spatial planning policy yang mampu menciptakan transparansi, keadilan, dan kepastian hukum,” ujar Anas.

Apkasi mencatat ada sejumlah masukan yang perlu diakomodasi dalam RPP Penyelenggaraan Penataan Ruang. Pertama, penguatan peran pemerintah daerah. Apkasi pada prinsipnya mendukung kebijakan penataan ruang terintegrasi yang diatur pemerintah pusat, tapi jangan sampai mengabaikan aspirasi pemerintah daerah yang sejatinya lebih memahami kondisi daerah, termasuk aspek sosial-ekonominya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.