Sabtu, 24 Oktober 20

Dampak Covid-19, Industri Aneka Lakukan Penyesuaian Usaha

Dampak Covid-19, Industri Aneka Lakukan Penyesuaian Usaha
* Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih. (Foto: Kemenperin)

Jakarta, Obsessionnews.com
Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) berdampak signifikan bagi pelaku usaha di Indonesia, tanpa terkecuali sektor industri aneka.

 

Baca juga; 

FOTO Tanoto Foundation Berikan Bantuan kepada Kemenperin untuk Perangi Covid-19

Di Tengah Gempuran Covid-19, Kemenperin Jaga Pasar Ekspor Furnitur dan Kerajinan

 

Hal itu dikemukakan Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih di Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/4/2020).

Beberapa sektor industri aneka yang terimbas antara lain adalah industri alat musik, industri alat olahraga, dan industri alat tulis yang kini sedang melakukan penyesuaian bisnisnya.

“Secara umum industri aneka masih tetap melakukan aktivitas produksi, meskipun dengan melakukan beberapa penyesuaian sesuai kondisi perusahaan,” kata Gati.

Dari hasil pengumpulan data oleh Direktorat Jenderal IKMA Kemenperin ditemukan, bahwa beberapa industri aneka di dalam negeri mengalami penurunan utilitas produksi akibat merosotnya permintaan secara global.

Selain itu timbul kekhawatiran terhadap pemenuhan bahan baku yang berasal dari impor, terutama dari negara-negara yang menerapkan karantina wilayah (lockdown). (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.