Jumat, 17 Mei 24

China Hukum 62 Pejabat Atas Runtuhnya Bangunan Mematikan

China Hukum 62 Pejabat Atas Runtuhnya Bangunan Mematikan
* Tim penyelamat bawa korban selamat dari bangunan enam lantai yang runtuh di Changsha. (CNS/AFP/VOA)

China telah mengeluarkan peringatan dan hukuman lain kepada 62 pejabat setelah runtuhnya blok perumahan di kota Changsha di provinsi Hunan yang menewaskan 54 orang bulan lalu, kata kantor berita negara Xinhua, Minggu (21/5/2023).

Dilansir Voice of America, beberapa pejabat senior kota diberi peringatan serius, termasuk Zheng Jianxin, mayor Changsha saat ini yang dipecat, kata Xinhua.

Beberapa pejabat dipindahkan ke otoritas kehakiman karena pelanggaran hukum serius dan dugaan kejahatan terkait tugas mereka, kata Xinhua.

Beberapa mantan pejabat Changsha, termasuk Hu Henghua, saat ini wali kota Chongqing yang merupakan mantan wali kota Changsha, juga diberi peringatan.

Lusinan orang tewas ketika blok perumahan “yang dibangun sendiri” runtuh di Changsha, ibu kota provinsi selatan, pada 29 April, media pemerintah melaporkan awal bulan ini.

China telah menerbitkan laporan investigasi tentang keruntuhan tersebut, dengan mengatakan bahwa itu disebabkan oleh konstruksi ilegal dan tidak teratur, sementara pejabat lokal gagal mencegah kegiatan pembangunan tersebut dan mencegah risiko tersembunyi, menurut media pemerintah.

Laporan resmi mengatakan 54 orang tewas, termasuk 44 mahasiswa, dan sembilan orang terluka, mengakibatkan kerugian ekonomi langsung sebesar 90,8 juta yuan ($13,1 juta). (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.