Rabu, 26 Februari 20

Catat! Ini Persyaratan Mengikuti Turnamen Tenis Meja BC VIII Ping TV di Sukabumi

Catat! Ini Persyaratan Mengikuti Turnamen Tenis Meja BC VIII Ping TV di Sukabumi
* Presdir Ping TV Yuditia Novianto. (Foto: dok. Ping TV)

Jakarta, Obsessionnews.com – Tidak lama lagi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan dibanjiri para penghobi tenis meja dari berbagai daerah di Indonesia. Ya, Sukabumi menjadi tuan tuan turnamen tenis meja Brotherhood Camp (BC) VIII yang diselenggarakan komunitas Ping TV (Pinggiran Tapi Visioner).

 

Baca juga: Gelar Turnamen Tenis Meja BC VIII di Sukabumi, Ping TV Usung Tema ‘Esprit de Corps’

 

Turnamen tenis meja khusus anggota Ping TV ini akan digelar di GOR Pemuda Cisaat, 14-16 Februari 2020.

BC VIII Ping TV ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan menambah keakraban.

Acaranya meliputi turnamen beregu, mini table, double headis, arisan pinggiran, hot table, dan lain-lain.

Komunitas Ping TV (Pinggiran Tapi Visioner) akan menggelar turnamen tenis meja Brotherhood Camp (BC) VIII di GOR Pemuda, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat, 14-16 Februari 2020. Tema yang diusung di BC VIII Sukabumi adalah Esprit de Corps. (Foto: dok. Ping TV)

Apa saja sih persyaratan mengikuti BC VIII Ping TV di Sukabumi? Nih, catat persyaratannya!

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan panitia di grup Facebook Ping TV, disebutkan anggota regional wajib mendaftar melalui koordinator lapangan (korlap) regional. Sedangkan untuk anggota non regional mendaftar melalui Dedy Winata selaku Korlap Nusantara. Pendaftaran sebelum 13 Februari 2020.

Jersey BC VIII Ping TV di Sukabumi tahun 2020 yang mengusung tema “Esprit de Corps”. (Foto: dok. Ping TV)

Persyaratan lainnya adalah peserta wajib memiliki jersey BC VIII Ping TV.

Adapun biaya pendaftaran Rp 200.000 per orang. Uang ini sudah termasuk untuk biaya 5 kali makan dan penginapan dua malam (Jumat dan Sabtu).

Panitia menyediakan hadiah dan door prize.

Panitia menyediakan tempat menginap di area sekitar GOR Pemuda secara gratis. Apabila ada peserta yang membawa keluarga atau perorangan ingin menginap di hotel, panitia akan membantu mencarikan hotel yang baik dan ramah di harga.

Komunitas Tenis Meja Populer

Ping TV salah satu komunitas tenis meja yang populer di Indonesia. Para anggotanya adalah orang-orang  pinggiran alias penghobi, dan bukan atlet, namun memiliki pemikiran yang visioner tentang tenis meja.

Ping TV didirikan pada 22 Januari 2015. Latar belakang terbentuknya Ping TV adalah karena rutinitas anggota yang sering out of topic (OOT) alias guyonan berkomentar di lapak Facebook tenis meja lain, sehingga diinisiasi untuk membentuk komunitas sendiri, yaitu Ping TV (Indonesia Table Tennis Community). Saat ini tercatat anggota Ping TV sebanyak 7.081 orang.

Adapun tujuan dibentuknya Ping TV adalah untuk bersilaturahmi antar penghobi tenis meja.

Pengesahan berdasarkan badan hukum perkumpulan komunitas tenis meja Ping TV berdasarkan  Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0009828.AH.01.07.Tahun 2017.

Struktur organisasi di Ping TV diketuai oleh Yuditia Novianto,  di samping adanya pengurus pusat, level organisasi berikutnya dalam Ping TV adalah adanya region-region yang tersebar di beberapa daerah dan provinsi di Indonesia.

Region adalah perwakilan organisasi yang ada di daerah. Region bertanggung jawab pada pengurus pusat.

Di setiap region terdapat kepengurusan sendiri atau setidaknya ada seorang ketua dan seorang koordinator lapangan (korlap).

Daerah-daerah yang telah terbentuk region adalah:

(1) Rotan (Rombongan Tangerang), korlap: Ahcmad Sugito;

(2) Rusuk (Rombongan Sukabumi), korlap: Nandang Nuryana;

(3) Rolam (Rombongan Lampung), korlap: R. Anton Sasongko;

(4) Rojak (Rombongan Jakarta); korlap:  Jhosafat Maryudi;

(5) Roker (Rombongan Kerawang), korlap: Bang Nafi;

(6) Robek (Rombongan Bekasi), korlap Amran Jenggot Prosesa);

(7) Rolan (Rombongan Labuhan), korlap: Rama Yudhi;

(8) Rocil (Rombongan Cilegon), korlap: Hery Kamaludin;

(9) Rostra (Rombongan Sulawesi Tenggara), korlap: Adhit Artbyan AL Mhd;

(10) Rompu (Rombongan Dompu,  NTB), korlap: Abdul Chaer;

(11) Robon (Rombongan Cirebon), korlap: Norris Suarez;

(12) Rombongan Kudus, Jawa Tengah.

(13) Robog (Rombongan Bogor), korlap: Denny;

(14) Roban (Rombongan Bandung), korlap: Adam Adfa Riders;

(15) Ropal (Rombongan Palembang), korlap Irvan Malik Siregar;

(16) Ronde (Rombongan Depok), korlap: Heri Heryanto;

(17) Rostakuba (Rombongan Semarang, Salatiga, Kendal, Ungaran, Batang), korlap: Mardjito Yonathan;

(18) Ropak (Rombongan Ngapak)/ Purwokerto dan sekitarnya, korlap: Van Rudy;

(19)  Rojatim (Rombongan Jawa Timur), ketua: Edy Sutikno;

(20) Rojoloma (Rombongan Jogja Solo Magelang), korlap: Bowo Mitro Kobiz;

(21) Rojam (Rombongan Jambi), korlap: Husni;

(22) Rosub (Rombongan Subang), korlap Hery Deblenk;

(23) Rocitas (Rombongan Ciamis, Tasik), korlap: Iyay Tachasu;

(24) Rosela (Rombongan Sulawesi Selatan), korlap Daeng Mimienk Muslim.

Dari Kopdar Berubah Menjadi Brotherhood Camp
Ping TV pertama kali menggelar kopdar (kopi darat) atau turnamen di Kopdar I – GOR KONI Depok, Jawa Barat (Jabar), 16 Mei 2015. Selanjutnya Kopdar II digelar di PTM Voker Bandung,  Jabar, 16 Agustus 2015, Kopdar III di GOR RM Said Karanganyar Solo, Jawa Tengah, 14-15 November 2015.

Kemudian Ping TV menyelenggarakan Kopdar IV di GOR Ewangga Kuningan, Jabar, 6-7 Mei 2016. Kopdar ini mengusung tema Tribute to the Legend. Selanjutnya Kopdar V diadakan di Labuhan, Kabupaten Pandeglang, Banten, 18- 19 Februari 2017. Temanya adalah Friendship Forever.

Pada tahun 2018 istilah kopdar diubah menjadi Brotherhood Camp (BC) yang bermakna Kamp Persaudaraan. BC VI digelar di GOR Pandanaran, Wujil, Ungaran Semarang Jawa Tengah, 19-21 Januari 2018. Tema yang diusung adalah Take our History, to Make Our Glory.

Brotherhood Camp (BC) Ping TV VII di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang, Jabar, 15-17 Februari 2019. (Foto: dok. Ping TV)

Silaturahmi  para penghobi pingpong kemudian dilanjutkan di event BC VII yang diselenggarakan di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang, Jabar, 15-17 Februari 2019. BC VII Subang bertema Unity in Diversity.

Usung Tema Esprit de Corps
Silaturahmi yang dibungkus dengan Kopdar maupun BC pada 2015-2019 berlangsung sukses. Selanjutnya akan digelar BC VIII di GOR Pemuda, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat, 14-16 Februari 2020. Tema yang diusung di BC VIII Sukabumi adalah Esprit de Corps.

Presdir Ping TV Yuditia Novianto menjelaskan tentang tema tersebut. Yuditia mengatakan, jiwa korsa (bahasa Perancis: esprit de corps) adalah kesadaran korps, perasaan sebagai suatu kesatuan, kekitaan, kecintaan terhadap suatu perhimpunan atau lembaga.

“Jiwa korsa dapat berupa banyak hal, seperti rasa hormat kepada korps, setia pada sumpah, janji dan tradisi, kesadaran bersama antarkawan dalam satu korps, dan kebanggaan menjadi anggota korps,” kata Yuditia seperti dikutip obsessionnews.com dari grup Facebook Ping TV (Indonesia Table Tennis Community) .

Ia mengungkapkan, konsep jiwa korsa pertama kali diperkenalkan oleh Napoleon Bonaparte dalam hal strategi peperangan, bahwa tentara dalam satu unit harus saling setia, bahu-membahu dan melindungi untuk memenangkan suatu perang. (ARH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.