Kamis, 16 Mei 24

Bromo Erupsi, Bandara Malang Tutup Lagi

Bromo Erupsi, Bandara Malang Tutup Lagi

Semarang, Obsessionnews – Gunung Bromo  terus mengalami erupsi sejak pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB Selasa (15/12/2015) sore ini. Akibatnya, aktivitas penerbangan di Bandara Abdurrachman Saleh, Kabupaten Malang menjadi lumpuh.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, abu vulkanik dan pasir yang timbul akibat erupsi mencapai ketinggian 1.500 meter. Sedangkan kondisi amplitudo tercatat maksimal 4-28 mm.

“Semburan abu vulkanik G.Bromo mengarah ke barat & mengganggu jarak pandang Bandara di Malang sehingga ditutup lagi,” ujar dia melalui akun Twitter resmi.

Erupsi Gunung Bromo sendiri membuat cuaca di sekitar area menjadi mendung. Sesekali, suara gemuruh terdengar, bahkan dari kawasan Probolinggo.

“Tipe letusan Gunung Bromo adalah strombolian. Erupsi masih terus berlangsung. Belum perlu ada pengungsian. Tetap tenang,” ujarnya.

Sebagai pencegahan, saat ini posko lapangan telah didirikan di Probolinggo agar hal yang tidak diinginkan bisa segera teratasi. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.