Minggu, 12 Mei 24

BitHealth dan InterSystems Kerja Sama Inovatif untuk Transformasi Kesehatan di Indonesia

BitHealth dan InterSystems Kerja Sama Inovatif untuk Transformasi Kesehatan di Indonesia
* BitHealth, penyedia solusi digital layanan kesehatan melalui teknologi inovatif, mengumumkan kemitraan resmi dengan InterSystems melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). (Foto: Kapoy/obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – BitHealth, penyedia solusi digital layanan kesehatan melalui teknologi inovatif, mengumumkan kemitraan resmi dengan InterSystems melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Kemitraan ini bertujuan menciptakan solusi digital inovatif yang dapat meningkatkan integrasi manajemen data dalam sektor kesehatan di Indonesia, dengan hasil akhir berupa pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas bagi masyarakat.

Integrasi data telah menjadi tantangan utama dalam sektor kesehatan, dengan banyak rumah sakit masih melakukan proses integrasi secara manual yang berpotensi menyebabkan kesalahan manusia. Banyak rumah sakit juga mengoperasikan sistem aplikasi yang berdiri sendiri, menghasilkan berbagai standar bahasa dan data yang berbeda, serta menyebabkan data tersebar di berbagai tempat dalam lingkungan rumah sakit.

Akibatnya, laporan dan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan manajemen menjadi sulit digunakan, memakan waktu yang berharga. Kekurangan data yang tepat, akurat, dan standar juga membuat sulit memberikan layanan kesehatan yang efektif dan efisien.

BitHealth, yang didirikan pada tahun 2019, memiliki misi untuk memungkinkan perusahaan layanan kesehatan mengoptimalkan bisnis dan operasi mereka dengan memanfaatkan solusi teknologi. Kemitraan dengan InterSystems adalah langkah strategis untuk meningkatkan perawatan pasien, menyederhanakan operasional rumah sakit melalui digitalisasi, dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga mendukung inisiatif pemerintah “SATUSEHAT” untuk mengintegrasikan data kesehatan yang beragam di seluruh sektor perawatan kesehatan di Indonesia.

InterSystems, sebagai penyedia teknologi data, memainkan peran kunci dalam kemitraan ini dengan platform data InterSystems IRIS for Health™ – Edisi Indonesia. Dengan platform ini, rumah sakit dapat memperoleh wawasan menyeluruh tentang operasional mereka dan mengambil keputusan lebih cepat. InterSystems IRIS for Health juga memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk menyusun, mengubah, dan membersihkan data klinis mereka sehingga dapat diarahkan ke platform data kesehatan nasional SATUSEHAT pemerintah.

“BitHealth telah berkomitmen untuk mengembangkan layanan kesehatan digital di Indonesia sejak awal, dan kemitraan ini akan membantu menggabungkan solusi digital layanan kesehatan dengan kemampuan pengembangan perangkat lunak InterSystems untuk menciptakan solusi pengelolaan data. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas perawatan pasien,” kata Chief Sales and Marketing BitHealth Peter James Rampengan dalam press conference, kerja sama BitHealth dengan InterSystems di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Sementara itu, Regional Managing Director APAC InterSystems Luciano Brustia mengaku, InterSystems sangat antusias bermitra dengan BitHealth di Indonesia yang telah membuktikan pemahaman mendalam tentang pasar sistem kesehatan.

“Kemitraan strategis ini akan memperluas pasar InterSystems IRIS for Health dan mendukung percepatan transformasi digital industri kesehatan di Indonesia,” ujarnya.

BitHealth saat ini menawarkan berbagai solusi digital, termasuk implementasi EMR, sistem manajemen sumber daya manusia, sistem manajemen dokumen berkecerdasan buatan (AI), serta aplikasi seluler untuk pengalaman pasien, dokter, dan perawat. Mereka juga menyediakan solusi analitik kesehatan, termasuk analisis inventaris farmasi, sistem dukungan keputusan klinis, gudang data, analisis kinerja rumah sakit, serta analisis dan visualisasi data.

Kemitraan ini menandai langkah besar dalam meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia melalui teknologi dan integrasi data yang lebih baik. Dengan kerjasama BitHealth dan InterSystems, diharapkan pelayanan kesehatan di Indonesia akan menjadi lebih efisien dan berkualitas, membawa manfaat besar bagi masyarakat dan industri kesehatan secara keseluruhan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.