Jumat, 10 Mei 24

Bentrokan Agama di India: Masjid Dibakar, Ulama Tewas

Bentrokan Agama di India: Masjid Dibakar, Ulama Tewas
* Kendaraan yang terbakar disingkirkan dari jalan dan toko-toko di Sohna, Gurugram tetap tutup pada hari Selasa. (BBC)

Tampaknya tidak mengherankan jika di India yang mayoritas penduduknya beragama Hindu sering menyerang kaum minoritas, muslim. Pasalnya, Perdana Menteri India Narendra Modi dikenal sebagai Hindu radikal ekstrim yang dikabarkan pernah terlibat pembunuhan dengan kekerasan sekitar 2.000 muslim di negara bagian India, Gujarat.

Sebuah masjid dibakar dan seorang ulama Muslim tewas dalam bentrokan agama yang pecah setelah prosesi oleh kelompok nasionalis Hindu di negara bagian Haryana, India utara.

Mereka yang tewas dalam kekerasan di negara bagian itu termasuk dua “penjaga rumah”, yang membantu polisi dalam mengendalikan kerusuhan dan gangguan publik, kata polisi dilansir BBC, Selasa (1/8/2023).

Beberapa polisi termasuk di antara yang terluka dan telah dirawat di rumah sakit.

Jam malam telah diberlakukan di kota Nuh tempat bentrokan itu terjadi.

Ketua Menteri ML Khattar menyebut insiden itu “disayangkan” dan menyerukan perdamaian.

Kekerasan pecah pada Senin sore saat prosesi dilakukan oleh Bajrang Dal dan Vishwa Hindu Parishad. Rekaman dari Nuh menunjukkan pelemparan batu oleh massa saat mobil dibakar dan toko-toko dirusak.

Lebih dari 2.000 orang yang berada di kota untuk ikut serta dalam prosesi tersebut terdampar di sebuah kuil saat bentrokan meningkat. Mereka kemudian dievakuasi oleh polisi.

Seorang juru bicara VHP mengatakan kepada BBC Hindi,bahwa prosesi mereka telah diserang dan menyebutnya sebagai “bagian dari konspirasi yang direncanakan dengan baik”.

Pemerintah negara bagian menangguhkan layanan internet di Nuh dengan alasan “ketegangan komunal yang intens” dan bahaya bagi nyawa dan harta benda.

Kekerasan, yang berlangsung selama beberapa jam, segera menyebar ke daerah tetangga Faridabad, Palwal dan Gurugram (sebelumnya Gurgaon), di pinggiran ibu kota Delhi.

Di Gurugram, sebuah masjid dibakar massa.

Seorang pejabat senior mengatakan, polisi telah dikerahkan di masjid ketika diserang. “Tapi kami kalah jumlah dengan para penyerang yang tiba-tiba melepaskan tembakan,” kata Nitish Agarwal, Wakil Komisaris Polisi (Timur) Gurugram, kepada BBC Hindi .

Polisi sekarang sedang mengumpulkan video terkait insiden tersebut. “Beberapa tersangka telah diidentifikasi dan ditahan,” kata Agarwal.

Pemerintah federal telah mengirimkan pasukan keamanan tambahan ke negara bagian tersebut menyusul permintaan dari pemerintah Haryana.

Randeep Singh Surjewala, pemimpin partai oposisi Kongres, menyalahkan pemerintah negara bagian yang dipimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) karena “gagal mengendalikan situasi hukum dan ketertiban”.

Anggota parlemen dari partai Lok Dal Nasional India Abhay Singh Chautala mengatakan pemerintah negara bagian telah gagal mengambil tindakan pencegahan meskipun ada masalah keamanan.

“Selama dua hari terakhir, ada laporan tentang kemungkinan gangguan hukum dan ketertiban di Nuh,” kata Chautala kepada surat kabar Indian Express .

Dia mengacu pada video yang diposting online oleh Monu Manesar, anggota Bajrang Dal, yang mengatakan dia akan menghadiri prosesi di Nuh.

Manesar adalah seorang penjaga sapi terkenal yang secara teratur mengunggah video dirinya mempertanyakan pengangkut ternak. Dalam beberapa tahun terakhir, pedagang ternak, banyak dari mereka Muslim, telah diserang oleh kelompok Hindu yang main hakim sendiri karena binatang itu dimuliakan dalam agama.

Chautala bertanya,”Ketika sudah ada informasi tentang kehadirannya dalam prosesi, mengapa polisi tidak melakukan tindakan pencegahan yang memadai?”

Saat dia menyerukan perdamaian pada Senin malam, Ketua Menteri Khattar mengatakan “tindakan tegas” akan diambil terhadap para pelaku kekerasan.

Pada hari Selasa, Abhinav Goel dari BBC Hindi melaporkan bahwa personel keamanan dikerahkan dalam jumlah besar di daerah Sohna di distrik Gurugram, dengan barikade setiap dua kilometer di jalan antara Sohna dan Nuh.

Gerobak dan toko milik umat Islam telah dibakar dan asap terlihat mengepul dari beberapa toko bahkan pada hari Selasa, reporter kami menambahkan.

Menteri dalam negeri negara bagian mengatakan situasinya terkendali. Tetapi sekolah ditutup dan internet tetap ditangguhkan di Faridabad, Palwal, dan Gurugram. (BBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.