Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Bendungan Keureuto Mampu Mengairi Lahan 9.420 Ha

Bendungan Keureuto Mampu Mengairi Lahan 9.420 Ha
* Pembangunan Bendungan Keureuto  di Krueng Keureuto, Kabupaten  Aceh Utara. (Foto: FB Kementerian BUMN)

Aceh Utara, Obsessionnews.com –  Pembangunan Bendungan Keureuto  di Krueng Keureuto, Kabupaten  Aceh Utara, saat ini terus berlangsung. Salah satu alasan dibangunnya bendungan ini adalah karena Krueng Keureuto memiliki daerah tangkapan air seluas 916 km² , namun sering kali meluap pada musim hujan yang berintensitas tinggi. Hal ini disebabkan trase pada sungai yang panjang dan melebar memberikan kontribusi, sehingga puncak banjir yang tertinggi di daerah hilir yaitu Krueng Pirak, Krueng Peuto, Krueng Ceku, Krueng Aluleuhop, Krueng Kreh, Krueng Aluganto.

 

Baca juga:

Kurangi Risiko Banjir, Kementerian PUPR Akan Bangun Tiga Bendungan di Sultra

Ahok Sembrono Jebol Bendungan Sentimen Agama

Jokowi Tinjau Pembangunan Bendungan Kuwil di Minahasa Utara

 

Keterangan tertulis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamis (27/5/2019), menyebutkan  kehadiran Bendungan Keureuto ini nantinya diharapkan dapat mengurangi banjir sebesar 30,50 juta m³.

Selain itu Bendungan Keureuto juga dapat menyediakan air irigasi yang mampu mengairi luas lahan 9.420 ha.

Bendungan ini  juga dapat membantu menambahkan tenaga listrik dari pembangkit listrik tenaga air sebesar 6,34 MW, dan dapat menyediakan air baku sebesar 0,5 m³/detik.

Adalah PT Pelita Nusa Perkasa (KSO) dengan pemberi kerja SNTV Pembangunan Bendungan BWS Sumatra-1 yang mengerjakan proyek pembangunan Bendungan Keureuto Paket 1 dan lingkup pekerjaan bendungan utama (maindam) dan bendungan pengelak (cofferdam). (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.