Kamis, 18 April 24

Bayar Listrik Sebulan Rp8 Miliar, Arif Sugiyanto Akan Ganti Lampu Kota dengan Energi Tata Surya

Bayar Listrik Sebulan Rp8 Miliar, Arif Sugiyanto Akan Ganti Lampu Kota dengan Energi Tata Surya
* Acara pertemuan kepala desa se Kecamatan Sempor dengan Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. (Foto: Albar)

Kebumen, Obsessionnews.com – Kebutuhan listrik di Kebumen, Jawa Tengah ternyata sangat tinggi, pemerintah kabupaten atau Pemkab setidaknya setiap bulan harus membayar tagihan listrik kepada PLN sebesar Rp8 miliar. Angka yang tergolong cukup tinggi untuk ukuran kabupaten.

Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan, pihaknya akan berusaha untuk mengurangi angka tagihan listrik dengan mengganti lampu penerang yang ada di Kota Kebumen dengan energi tata surya. Energi terbarukan yang memanfaatkan sinar panas matahari ini diyakini akan mampu mengurangi biaya tagihan listrik yang cukup besar.

“Kami memiliki konsep go green di Kabupaten Kebumen, salah satunya di perkotaan. Nanti lampu di perkotaam ini akan kita ubah dengan tata surya,” ujar Arif saat menggelar pertemuan dengan para kepala desa se Kecamatan Sempor, di Kantor Kecamatan, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Soal Vaksinasi, Arif Sugiyanto: Tak Mungkin Pemerintah Celakakan Rakyatnya

Menurutnya, selain lebih irit, dan efisen, teknologi baru terbarukan yang mengambil energi tata surya juga lebih aman, dan ramah lingkungan. Dengan semakin menipisnya cadangan energi fosil dan air, energi terbarukan seperti dari tata surya kata Arif, ke depan sangat diperlukan.

“Jadi ke depan kita arahnya akan ke sana, dalam rangka menjaga lingkungan agar tetap asri, kita membuat konsep go grean untuk penataan tata kota dengan pemanfaatan energi terbarukan dengan mengganti lampu kota,” ucapnya.

Setelah diganti, lampu-lampu yang ada di Kota Kebumen ini nantinya akan dipindah ke desa-desa yang membutuhkan, agar jalan-jalan desa menjadi lebih terang. “Nanti lampu-lampu itu akan dialihkan ke desa-desa agar lebih terang. Jadi desa terang,” lanjutnya.

Baca juga: Rapat Bareng OPD, Arif Sugiyanto Siapkan Program 100 Hari Kerja

Namun, nantinya, ke depan, seluruh desa di Kebumen juga akan diarahkan untuk bisa menerapkan konsep go grean dengan energi listrik tata surya. Ini diperlukan untuk meminimalisir dampak kerusakan lingkungan.

Karena bagaimana pun kata dia, energi matahari adalah jenis energi terbarukan yang ketersediaannya sangat tidak terbatas. Dan bisa menjadi alternatif yang bagus untuk kehidupan masyarakat mendatang.

“Kita mulai dari kota dulu, nanti baru merambah ke desa. Kita juga akan menyiapkan satu desa menjadi desa go grean, yaitu lampunya menggunakan tata surya. Insya Allah akan kita siapkan sampling satu desa,” jelas Arif yang menjadi calon bupati Kebumen terpilih ini.

Baca juga: Cegah Korupsi di Kebumen, Arif Sugiyanto Bakal Buat Festival Anggaran

Diketahui dalam pertemuan dengan para kepala desa ini, Arif menyampaikan banyak hal terkait program-program unggulan yang akan diterapkan pada saat dirinya resmi menjabat sebagai Bupati Kebumen. Ia menyatakan, perlu adanya kesesuaian antara pemkab dengan desa, sehingga proses pembangunan bisa berjalan cepat.

Di antara program yang dibahas, yakni perbaikan infrastruktur, penataan birokrasi, pemulihan ekonomi, kesehatan, pengentasan kemiskinan. Sampai pada program pengembangan ekonomi desa dengan mendirikan BumdesMa atau Bumdes Bersama. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.