Minggu, 27 November 22

Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Ajak Masyarakat NTB Manfaatkan MotoGP Mandalika 2022

Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Ajak Masyarakat NTB Manfaatkan MotoGP Mandalika 2022
* Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, obsessionnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya untuk memanfaatkan momentum pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 sebagai ajang untuk membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Sandiaga mengungkapkan, penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 bisa memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tidak hanya di Lombok saja. Namun juga di daerah sekitar Lombok seperti Bali dan NTT.

Baca juga: Kemenparekraf Promosikan MotoGP Mandalika Melalui Media Trip

“Mari kita gunakan MotoGP ini sebagai momentum (kebangkitan ekonomi) kita. Karena selain Lombok, Bali juga akan mendapat dampak positif dan seperti yang kita sudah ketahui masyarakat dari beberapa kota seperti Surabaya, Makassar, dan juga Bandung memiliki minat yang besar untuk menyaksikan event bersejarah ini,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/3/2022).

Sandiaga menjelaskan, meskipun target penjualan tiket sudah diturunkan oleh Presiden Joko Widodo dari 100 ribu penonton menjadi 60 ribu penonton karena pertimbangan pelaksanaan PPKM di sejumlah daerah di Indonesia, namun angka keterisian hunian di kawasan Mandalika dan sekitarnya telah mencapai angka 9.855 unit dari 17.833 kamar yang tersedia.

Baca juga: Perkuat Akomodasi Wisatawan di Perhelatan MotoGP 2022, Sandiaga Tinjau Kesiapan Glamping Kelana

“(Pemerintah Daerah) NTB rencananya akan menjalin kerja sama dengan daerah lain karena angka ini sudah melewati angka 50 persen dari kamar yang tersedia,” katanya.

Terkait tiket pesawat, Sandiaga mengatakan, dari 70 ribu tiket pesawat yang disediakan untuk calon penonton MotoGP, sudah terjual sekitar 15 ribu tiket.

“Ini diharapkan akan terus meningkat seiring dengan kepastian tersedianya akomodasi dan transportasi dengan harga yang terjangkau,” kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Gagas Komunitas Musik di Mandalika Tampil di MotoGP 2022 dan Side Event G20

Selain itu, untuk menunjang dan mempromosikan pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 yang tinggal 16 hari lagi, Sandiaga mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan sejumlah side events. Di antaranya “Touring Road To MotoGP 2022” yang berkolaborasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), “Touring Mandalika Wonderful Ride”.

“Ini harapannya untuk showcasing etalase produk-produk ekonomi kreatif dan kegiatan pendukung SDM parekraf juga terus kita lakukan dengan kerja sama lintas pentahelix. Selain itu dengan pelaksanaan event-event ini diharapkan bisa menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita dan membuka lapangan kerja,” ungkap Sandiaga. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.