Rabu, 1 April 20

Balikpapan Fest 2020 Jadi Ruang Berkembang Ekonomi Kreatif

Balikpapan Fest 2020 Jadi Ruang Berkembang Ekonomi Kreatif
* Balikpapan Fest 2020 yang merupakan bagian dari perayaan HUT Balikpapan ke-123. (Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com Balikpapan Fest 2020 yang berlangsung pada 5-16 Februari 2020 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tidak hanya sebagai pesta budaya tapi juga menjadi ruang untuk berkembangnya ekonomi kreatif di Balikpapan.

“Balikpapan Fest 2020 yang mengusung tema The Age of Collaboration membuka ruang seluas-luasnya bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk berkembang luas,” ujar Walikota Balikpapan Rizal Effendi dalam keterangan tertulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jumat (7/2/2020).

Baca juga: Kemenparekraf Ajak Semua Pihak Bangun Bangsa Lalui Ekonomi Kreatif

Rizal mengungkapkan, industri pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan pertumbuhan bagi sebagian ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Di tahun inilah dia merasa adalah tahun kebangkitan bagi ekonomi kreatif di Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan.

“Untuk itu saya sangat membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat. Jika ekonomi kreatif tumbuh maka masyarakat sejahtera,” ucapnya.

Baca juga: Kemenparekraf Ajak Semua Pihak Bangun Bangsa Lalui Ekonomi Kreatif

Menurut Rizal, Balikpapan dan Kalimantan Timur pada umumnya cukup lama tertidur dan nyaman dengan keberadaan sumber daya alam yang lama kelamaan tentunya akan habis.

“Jadi kita merasa ada sektor lain yang tidak dikembangkan selama ini, yakni pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Untuk itu, dia mulai bangkit dan mencoba mensejahterakan masyarakat pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. “Di mana bahan-bahannya semua sudah tersedia di alam,” tambah Rizal.

Untuk diketahui, Balikpapan Fest 2020 merupakan bagian dari perayaan HUT Balikpapan ke-123. Acara ini akan mengkolaborasikan seni, hiburan, budaya, fashion, dan ekonomi kreatif. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.