Selasa, 24 September 19

Aksi Kawal Sidang MK Melanggar Izin, Polisi Peringatkan Sanksi Tegas

Aksi Kawal Sidang MK Melanggar Izin, Polisi Peringatkan Sanksi Tegas
* Massa aksi kawal sidang Mahkamah Konstitusi memadati kawasan patung kuda dekat Gedung MK di Jakarta, Kamis (27/6/2019). (Foto: Edwin Budirso/OMG)

Jakarta, Obsessionnewa.com – Massa pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tetap ngotot menggelar aksi unjuk rasa mengawal sidang putusan hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Padahal polisi tak memberi izin diadakannya aksi.

Hal ini ditegaskan Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisari Besar Polisi Harry Kurniawan terkait rencana aksi jelang putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK pada hari ini, Kamis, (27/6/2019).

“Aksi unjuk rasa dari awal sidang MK tidak boleh aksi melaksanakan unjuk rasa di kantor MK dan sudah berjalan,” kata Harry di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis.

 

Baca juga: 

Di Depan Hakim MK, Saksi IT Prabowo Mengaku Diancam Dibunuh

Muhammadiyah Sanjung Jiwa Besar Prabowo dan Jokowi

BPN Sebut yang Ngotot Gugat ke MK Para Pendukung, Prabowo-Sandi Sejak Awal Menolak

 

Harry menuturkan, sejumlah massa yang melakukan aksi pada kemarin adalah kebanyakan massa dari Banten dan Jawa Barat. Dari pengakuan massa, mereka melakukan aksi lantaran adanya informasi di media sosial bahwa ada acara halal bihalal di sekitaran gedung MK. Namun polisi memastikan tidak ada acara halal bihalal, karena tidak ada izin.

“Setelah saya imbau sebagian mengerti dan pulang,” katanya.

Harry akan melihat apakah ada aksi unjuk rasa dari masyarakat. Jika memang ada, dirinya akan melakukan hal yang sama, yaitu mengimbau agar kembali ke rumah masing-masing. Jika massa tetap bertahan, pihaknya akan melakukan upaya tegas berdasarkan undang-undang.

“Kami dari Polres Jakpus tidak keluarkan perizinan. (Kalau bertahan) kita punya SOP mulai dari imbauan sampai tindakan tegas,” katanya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.