Rabu, 26 Januari 22

Akibat Kemarau, Harga Sayur Naik

Akibat Kemarau, Harga Sayur Naik

Padang, Obsessionnews – Sayuran seperti terong, japan, buncis dan wortel di Kota Padang, Sumatera Barat, (Sumbar) mengalami kenaikan sebesar Rp 2000 per kilogram. Daya beli masyarakat menurun, pasca harga sayur mengalami kenaikan.

Salah seorang penjual sayur di pasar tradisional Pasar Rara Padang Hendri mengatakan, kenaikan harga di pasaran dipicu akibat kemarau yang terjadi pada bulan Ramadhan lalu. Kemarau yang terjadi, berpengaruh terhadap produksi sayur, akibat tanah mengering.

Kenaikan sejumlah komoditi sayuran di pasaran mulai sejak seminggu yang lalu. Pasca harga sayuran naik, berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

“Masyarakat yang membeli mengirit. Biasanya membeli dua kilogram, setelah naik menjadi satu kilogram,” ujar Hendri.

dagang sayur2

Saat ini Hendra menjual terong seharga Rp8 ribu per kiloigram dari Rp6 ribu per kilogaram seminggu yang lalu. Harga Japan dijual Rp6 ribu per kilogram dari Rp4 ribu per kilogram seminggu yang lalu.

Harga buncis di pasaran saat ini dijual Rp15 ribu per kilogram dari Rp12 ribu per kilogram se minggu yang lalu.

Hal yang sama juga diakui Cici salah seorang penjual sayur di pasar tradisional Pasar Raya Padang. Kenaikan jenis sayuran di pasaran, karena pasokan berkurang, karena produksi menurun akibat kemarau. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.