Senin, 6 Mei 24

Ahok Beri Ucapan Selamat Kepada Wali Kota London Sadiq Khan

Ahok Beri Ucapan Selamat Kepada Wali Kota London Sadiq Khan
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Edwin Budiarso/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memberi ucapan selamat kepada Sadiq Khan yang terpilih sebagai Wali Kota London. Ahok perlu memberikan ucapan selamat tersebut, karena Sadiqadalah muslim pertama yang menjadi Wali Kota London. Pemeluk agama Islam di ibukota Inggris itu minoritas, dan demikian pula di Inggris.

Dalam pemungutan suara Kamis (5/5/2016), Sadiq yang berasal dari Partai Buruh ini meraih 56,8% suara ,sementara saingan terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif meraih 43,2% suara, dengan tingkat partisipasi 45,3% dari jumlah pemilih.

Ahok menyebut keberhasilan Sadiq memenangkan pemilihan Wali Kota London tersebut sebagai kisah inspiratif demokrasi, jasa dan tolerans. Ahok menyampaikan ucapan selamat kepada Sadiq melalui akun Twitternya, @basuki_btp dan me-mention akun Sadiq, @SadiqKhan, Sabtu (7/5). “Congratulations @SadiqKhan, the new mayor of London. Inspiring story of democracy, merit and tolerance.”

Sementara itu relawan Teman Ahok menilai pemilihan Wali Kota London yang dimenangkan oleh Sadiq membuktikan warga London tidak melihat latar belakang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Namun pemilihan tersebut mengedepankan kompetensi. Teman Ahok berharap hal serupa juga terjadi di Jakarta.

Pemilihan @SadiqKhan membuktikan warga London tidak lihat latar SARA dan isu mayoritas, namun kompetensi. Semoga Jakarta jg serupa. Amiin,” kicau akun resmi Twitter Teman Ahok, @temanAhok, Sabtu (7/5).

Ahok akan maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 melalui jalur independen. Ia menghadapi tantangan besar, antara lain dibombardir isu SARA oleh lawan-lawan politiknya. Pasalnya, mantan Bupati Belitung Timur ini seorang non muslim, sementara mayoritas warga Jakarta mayoritas beragama Islam. Namun, Ahok pantang mundur.

Ahok menggandeng Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Heru Budi Hartono sebagai wakilnya di Pilkada DKI Jakarta 2017 melalui jalur independen atau nonpartai. Duet Ahok-Heru yang diusung Teman Ahok dideklarasikan pada Senin (7/3) lalu. Untuk itu Ahok-Heru membutuhkan dukungan sejuta KTPsebagai syarat maju melalui jalur independen.

Gerakan penggalangan sejuta KTP dilakukan oleh Teman Ahok sejak Jumat (11/3). Hingga Jumat (65/5) Teman Ahok telah mengumpulkan  771.435 KTP. Perolehan KTP ini melampaui persyaratan minimum dari Komisi Pemilihan Umum ((KPU) yang menetapkan calon independen di Pilkada DKI 2017 didukung minimum 532.000 KTP. Meskipun demikian Teman Ahok tetap bekerja mengumpulkan sejuta KTP sesuai target awal. Alasannya apabila ada KTP yang diverifikasi KPUD DKI dan dianggap tak memenuhi syarat, masih ada stok. (arh, @arif_rhakim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.