Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Agenda Padat Menanti Presiden Jokowi di Hari Pertama KTT G20

Agenda Padat Menanti Presiden Jokowi di Hari Pertama KTT G20
* Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat menyampaikan keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Jumat (29/10/2021), sekitar pukul 20.00 waktu setempat.( Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Obsessionnews.com –  Agenda padat menanti Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Roma, Italia, pada Sabtu (30/10/2021).  Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Presiden Jokowi antara lain akan menghadiri sesi mengenai ekonomi dan kesehatan global.

Baca juga:

Udara Sejuk Kota Roma Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Bertolak ke Roma, Jokowi akan Berpartisipasi di KTT G20

“Presiden Republik Indonesia sudah akan melakukan kegiatan yang sangat padat, yaitu antara lain menghadiri sesi mengenai global economy and global health,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat menyampaikan keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Jumat (29/10) sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Dikutip dari keterangan tertulis BPMI Setpres, Sabtu, Jokowi juga akan menghadiri side event mengenai dukungan usaha kecil dan menengah dan bisnis milik perempuan dan secara khusus diminta untuk menjadi pembicara. Sebelumnya Jokowi menyatakan bahwa undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan keberpihakan pemerintah Indonesia kepada UMKM dan peran perempuan dalam bisnis UMKM.

“Kemudian Bapak Presiden juga akan menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam yang akan dituanrumahi oleh Perdana Menteri Italia,” ujar Retno.

Selain menghadiri KTT G20, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral paling tidak dengan enam pemimpin, antara lain dari Australia, Prancis, India, Turki, Italia, dan Bank Dunia. Retno  menjelaskan, agenda bilateral masih sangat dinamis dan bisa berubah menyesuaikan jadwal para pemimpin.

“Kemungkinan masih akan terjadi beberapa perubahan di pertemuan bilateral karena masih ada beberapa permintaan dan kita sekarang sedang terus mencoba untuk mencocokkan jadwal, baik jadwal Bapak Presiden maupun jadwal pemimpin lainnya,” tandasnya.

Sementara it  pada level menteri, Menteri Luar Negeri pada Jumat, 29 Oktober 2021, telah melakukan tiga pertemuan bilateral yaitu dengan Menteri Luar Negeri Meksiko, Menteri Luar Negeri India, dan State Councellor Menteri Luar Negeri China. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.