Jumat, 26 April 24

Ada Surat Suara Tercoblos, Jokowi: Laporkan Saja ke Bawaslu

Ada Surat Suara Tercoblos, Jokowi: Laporkan Saja ke Bawaslu
* Presiden Jokowi. (Foto: IG Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mendengar adanya temuan surat suara yang telah tercoblos di Malaysia dalam proses pemungutan suara. Ia menegaskan, jika temuan tersebut terbukti, maka ia minta segara laporkan ke Bawaslu tanpa diperpanjang persoalannya.

 

Baca juga:

Ada Kecurangan, Bawaslu Minta Pemungutan Suara di Malaysia Dihentikan

Luhut Berpotensi Diperiksa Bawaslu Terkait Politik Uang

Identifikasi Kerawanan Pemilu Bawaslu Luncurkan IKP

 

“Ya dicek sajalah, kalau itu benar dan itu merupakan pelanggaran laporkan saja ke Bawaslu. Mekanismenya jelas kok, nggak usah diangkat isu-isu yang nggak jelas,” ujar Jokowi di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Kamis (11/4/2019)

Sebelumnya, anggota (Bawaslu), Fritz Edward Siregar menyampaikan temuan kecurangan berupa adanya penyelundupan surat suara dan surat suara yang telah tercoblos. Bawaslu pun meminta proses pemungutan suara Pemilu 2019 di Malaysia dihentikan sementara sampai persoalan ini jelas duduk perkaranya.

Menurut Fritz, temuan boks berisi surat suara dan surat suara yang tercoblos di Malaysia benar dan bukan informasi hoax. “Benar (temuan itu). Panwaslu Kuala Lumpur sebagai penemu dan kami well informed. Kami meminta KPU melakukan evaluasi kinerja. Sebab terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar,” ujar dia, Kamis (11/4) siang.

Fritz melanjutkan, Bawaslu telah membuat rekomendasi soal kinerja PPLN yang diragukan. Yakni, meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia untuk sementara.

Sementara itu, Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, pihaknya masih melakukan pengecekan terhadap informasi dari Malaysia itu. Informasi adanya paket berisi surat suara dan surat suara yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia ini awalnya ditemukan oleh pengawas pemilu di Malaysia.

Selain itu, ada pula informasi yang beredar dalam bentuk video yang beredar viral di media sosial. Dalam video tersebut terungkap ada temuan surat suara yang sudah tercoblos pada gambar paslon capres-cawapres 01. Selain itu, ada pula surat suara pileg yang telah tercoblos untuk caleg DPR dari Partai Nasdem. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.