Sabtu, 27 April 24

22 Situs Musik Ilegal Ditutup!

22 Situs Musik Ilegal Ditutup!

Jakarta, Obsessionnews – 22 Situs 22 musik illegal telah resmi ditutup oleh – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada Kamis(12/11) lalu. Ini merupakan tindak lanjut dari permintaan Kementerian Hukum dan HAM.

“Kemkominfo telah meminta para penyelenggara jasa internet untuk melakukan pemblokiran terhadap 22 situs tersebut, sesuai permintaan Kementerian Hukum dan HAM melalui Surat Nomor Konten HK1.7.HM.O1.O5-264 tertanggal 15 Oktober 2015, tentang rekomendasi penutupan Konten dan/atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta berdasarkan pengaduan dari Asoiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI),” ucap Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu di Jakarta, Senin (23/11).

Tak hanya itu, Ismail Cawidu menambahkan situs illegal tersebut merupakan pembajakan yang sangat merugikan. “Pebajakan itu nanti, lama-lam orag Indonesia malas mencipta, jadi nggak akan maju,” tandasnya.

Ismail juga menghimbau para awak media agar memberitakan perihal situs illegal, karena ini merupakan pelanggaran yang tidak bias ditolerin.

22 situs musik ilegal tersebut antara lain: laguhit.com, mp3days.net, weblagu.com, wapkalagu.com, iozmusik.com, lagu.in, carilagu.net, bursalagu.com, beemp3s.org, arenalagu.com, saranmu.com, tubidy.I’m, stafaband.info, memomp3.com, zinzhu.com, mp3take.com, kumpulbagi.com. onlagump3.info, newlagump3.com, targetlagu.com, musik-corner.info, dan musicxplore.com.

Sementara, Dirjen Aplikasi dan Informatika Bambang Heru Tjahjono mengatakan bahwa situs 22 situs yang diblokir tersebut situsnya milik luar negeri.

“Mereka semuanya menggunakan com (misalnya laguhit.com), miliki luar negeri,” jelas Bambang Heru Tjahjono.

Data ASIRI menyebutkan, yang mengakses di 22 situs ilegal tersebut mencapai 430ribu perbulan.

Apabila satu mengakses mengunduh satu lagu saja, dengan asumsi satu lagu Rp7000, maka kerugian diperkirakan mencapai Rp66 miliar sebulan sehingga potensi pendapatan negara dari pajak yang hilang mencapai Rp6,6 miliar per bulan.

Penutupan yang dihadiri oleh puluhan para musisi diantaranya Gita Gutawa, Giring Nidji, Penyanyi Amerika Idol Joshua Ledet, Billy Simpson. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.