Jumat, 26 April 24

Zarkowi Soejoeti, Pejuang Umat di Jalur Birokrasi

Zarkowi Soejoeti, Pejuang Umat di Jalur Birokrasi
* Zarkowi Soejoeti. (Foto: kemenag.go.id)

Satu lagi tokoh pejuang muslim yang memiliki reputasi di jalur birokrasi dan pendidikan Islam di Tanah Air, berpulang ke hadirat Ilahi. Zarkowi Soejoeti, wafat, Senin 15 Maret 2021, di Yogyakarta pada usia 87 tahun. Jenazahnya dimakamkan Senin sore setelah disemayamkan di rumah dinas Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang merupakan putra almarhum.

Zarkowi Soejoeti lahir di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 5 April 1934. Almarhum menempuh pendidikan dari HIS/Sekolah Rakyat, SMP, Sekolah Guru Hakim Agama (SGHA/SMA B), dan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIN/IAIN) Yogyakarta, tamat tahun 1960. Selain itu, almarhum juga pernah ikut sejumlah pendidikan tambahan Antropologi Sosial pada ITH-Vrije Universiteit Amsterdam Belanda (6 bulan), Methods Management ITC Australia dan Strategic Management and Planning ITD, USA, selama 3 bulan, Basic Infantri di Jakarta (3 bulan), SESPA LAN di Jakarta (3 bulan), dan Lemhannas KRA XIII (9 bulan).

Perjalanan karier di lingkungan Kementerian Agama (dahulu Departemen Agama) dimulainya dari dosen IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan IAIN Serang Banten. Pernah mengajar di Madrasah Tsanawiyah Bantul (1953-1954), Guru/Kepala Sekolah PGAP Bantul (1954  1959), dan Guru Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) Yogyakarta (1959  1963).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.