Selasa, 19 Oktober 21

Zaimar: Harga Daging di Sumbar Normal

Zaimar: Harga Daging di Sumbar Normal

Padang, Obsessionnews – Harga daging di Sumatera Barat (Sumbar) dinilai masih normal dan tidak terjadi gejak harga hingga mencapai Rp125 ribu per kilogram. Harga daging di pasaran berkisar Rp110 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sumbar, Zaimar mengatakan harga daging di pasaran tidak mengalami gejolak harga dan masih normal yaitu sebesar Rp110 ribu per kilogram.

“Harga daging di Sumbar tidak seperti yang terjadi di daerah lain,” kata Zaimar saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (14/8).

Zaimar mengatakan, harga daging di Sumbar yang mencapai Rp125 ribu perkilogram, tidak yang di pasaran, akan tetapi pedagang yang membuka tempat dagangannya ditempat-tempat khusus.

“Daging sapi yang dijual di Sumbar ini tidak didatangkan dari luar provinsi, tapi ada di kabupaten/kotanya,” ujar Zaimar.

Zaimar menjelaskan, dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, sentra ternak sapi terdapat di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam dan Kabupaten Sijunjung.

Sementara itu, salah seorang pedagang di pasar tradisional Pasar Raya Padang, Teddi mengatakan sejak harga daging mencapai Rp120 ribu per kilogram, pedagang sepi pembeli. Biasanya, dalam sehari terjual 50 kilogram, setelah harganya naik, penjuala Teddi berkurang menjadi 30 kilogram hingga 40 kilogram per hari.

“Pembeli mengeluhkan, kenaikan harga dari Rp100 ribu menjadi Rp120 ribu per kilogram terlalu tinggi, sehingga kita pedagang juga sepi pembeli,” kata Teddi saat ditemui Rabu (12/8).

Teddi mengatakan, kenaikan harga daging di pasaran dipicu karena pasokan berkurang. Selama ini, pasokan didatangkan dari Lampung dan Bengkulu, sekarang sudah menghentikan pasokan ke pasaran di Sumbar. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.