Jumat, 3 Februari 23

Yusril: Bu Rachmawati Tinggalkan Mako Brimob

Yusril: Bu Rachmawati Tinggalkan Mako Brimob
* Rachmawati Soekarnoputri dan Yusril Ihza Mahendra.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pakar hukum tata negara Prof Yusril Ihza Mahendra memenuhi janjinya untuk mendampingi para aktivis yang ditahan di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Jumat (2/12/2016).

Yusril mengatakan Rachmawati Soekarno Putri, putri Presiden RI ke-1 Soekarno, yang turut ditangkap oleh satuan polisi pagi ini sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya.

“Jam 21.30 Bu Rachmawati sudah meninggalkan Mako Brimob Kelapa Dua dan kembali ke rumah beliau,” ucap Yusril di akun twitternya.

Diakuinya, kesehatan pemilik Universitas Bung Karno (UBK) ini sedang dalam keadaan tidak fit.

“Kondisi kesehatan bu Rachma memang kurang baik sehingga pemeriksaan terhadap beliau akan dicarikan waktu yg tepat di rumah beliau,” jelasnya.

Sungguh disayangkan, aktivis lainnya seperti Ratna Sarumpaet belum bisa menghirup udara segar. Namun Yusril memastikan Ratna Cs akan kembali kerumahnya dalam waktu dekat ini.

“Sementara bu ratna sarumpaet dll proses pemeriksaannya sdg berlangsung. Mudah2an akan segera selesai dan mereka bisa pulang,” bebernya.

Sebelumnya, Komisi Polisi Nasonal (Kompolnas) yang mengapresiasi kinerja polri memandang tidak ada relevansinya penangkapan 10 orang yang diduga makar, dengan penanganan kasus dugaan penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Ir. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang telah dilakukan oleh Polri.

Sebagaimana seharusnya dalam sebuah negara hukum, apabila ada hal-hal yang dianggap melawan hukum dalam proses penanganan sebuah perkara, maka telah tersedia sarana Pra-Peradilan sebagaimana diatur dalam KUHAP.

Sedangkan untuk substansi perkaranya sendiri, mari kita sama-sama menghargai sistem peradilan pidana yang berlaku di Indonesia, dan mepercayakannya kepada seluruh lembaga penegakkan hukum dan pengadilan. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.