Sabtu, 4 Desember 21

Yusril: ARB dan IM Yang Berwenang Putuskan Calon Pilkada

Yusril: ARB dan IM Yang Berwenang Putuskan Calon Pilkada

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Umum dan Sekjen DPP Partai Golkar yang resmi berwenang memutuskan pencalonan kepala daerah dalam Pilkada Juli 2015 nanti adalah Aburizal Bakrie (ARB) dan Idrus Marham (IM).

Demikian ditegaskan Mantan Menteri Hukum dan HAM Prof Yusril Ihza Mahendra SH yang kini menjadi kuasa hukum Aburizal Bakrie (ARB), Kamis (2/4/2015).

Hal ini menjawab pertanyaan media sehubungan dengan DPP Golkar yang mana yang berwenang menangani proses pencalonan dalam pemilihan ulum kepala daerah (Pilkada) bulan Juli nanti.

“Dengan adanya penetapan penundaan berlakunya SK Menkumham yang mengesahkan kepengurusan Agung dkk, berarti Agung Laksono dkk tidak boleh lagi bertindak mengatasnamakan DPP Golkar sampai ada putusan final perkara tersebut,” tegas Yusril.

Dengan demikian, menurut Yusril, keadaan kembali seperti semula, yakni DPP Golkar yang sah adalah DPP hasil Munas Pekanbaru yang hingga kini menjadi satu-satunya DPP Golkar yang sah dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Jadi, yang berhak menangani pencalonan Pilkada 2015 jika belum ada putusan final atas perkara ini, ada di tangan DPP Golkar hasil Munas Pekanbaru yang Ketumnya ARB dan Sekjennya Idrus Marham,” guru besar hukum tata negara Universitas Indonesia (UI) ini.

Sedangkan Agung Laksono dan Zainudin Amali, lanjutnya, dengan adanya penetapan penundaan berlakunya SK Menkumham tersebut, maka tidak berhak dan tidak berwenang melakukan tindakan hukum dan politik apapun juga mengatasnamakan DPP Golkar, termasuk menangani Pilkada yang akan datang. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.