Selasa, 28 September 21

Yunani ‘Bandel’, Jerman Desak Segera Digelar KTT Darurat

Yunani ‘Bandel’, Jerman Desak Segera Digelar KTT Darurat

Jakarta, Obsessionnews – Sebagai negara paling kuat ekonominya di Zona Euro, Jerman dengan menggandeng Perancis menyerukan agar segera digelar konfrensi tingkat tinggi (KTT) darurat membahas sikap Yunani.

Seperti dilansir Reuters, pada Minggu (5/7), Kanselir Jerman Angela Merkel bilang kalau Athena sudah merusak potensi dialog dengan mitra di zona euro dengan menolak penghematan.

Melalui sambungan telepon, Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande telah berdialog dan akan segera bertemu di Paris Senin, sore ini untuk membahas respon bersama.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk pun menyanggupi permintaan Jerman dan Perancis, guna mengumumkan KTT darurat di Brussels, Belgia, pada Selasa malam.

Lebih dari 60 persen rakyat Yunani dalam referendum memilih “tidak” untuk syarat dari Eropa, yaitu kenaikan pajak dan reformasi tunjangan pensiun, demi dana talangan. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras yang mengatakan syarat Eropa adalah pemerasan mengaku puas dengan hasil tersebut.

Hingga saat ini, belum jelas sikap Uni Eropa menanggapi kata ‘tidak’ dari Yunani. Yang jelas, tanpa pendanaan darurat dari ECB, bank-bank di negeri dewa bakal kehabisan euro dan segera mencetak drachma untuk membayar tunjangan, gaji dan pensiun pegawai negerinya.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.