Selasa, 30 November 21

Yuk Ikutan Beasiswa Universitas Pertamina

Yuk Ikutan Beasiswa Universitas Pertamina

Jakarta, Obsessionnews-Ingin kuliah gratis di Universitas Pertamina, ikutan beasiswa ekonomi dan beasiswa prestasi. Tersedia untuk ratusan mahasiswa dan diberikan hingga delapan semester perkuliahan.

“Penerima beasiswa ekonomi akan dibebaskan dari Sumbangan Pengembangan Institusi dan Sumbangan Pengembangan Pendidikan hingga semester delapan ditambah biaya hidup,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Ichsan Setya Putra seperti dilansir laman pertamina.com, Senin (30/5).

baca juga:

Unpad Buka Kampus di Pengandaran

Wow! Hanya 3 Kampus Terakreditasi A di Luar Jawa

Meristekdikti Polisikan Kasus Ijazah ‘Bodong’

Didampingi Kampus, Petani-Nelayan Bisa Sejahtera

Ichsan mengatakan, calon mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa ekonomi hanya perlu mendaftar secara umum dan melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

“Pada saat melakukan pengisian data diri akan terdapat pilihan beasiswa. Peserta hanya perlu mengisi informasi yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk mengajukan beasiswa tersebut,” katanya.

Sementara itu, beasiswa prestasi terdiri dari dua kategori, yakni beasiswa Lomba Karya Kreatif dan Inovatif serta beasiswa dari Nilai Ujian Masuk Terbaik.

Menurut Ichsan, 20 persen peserta yang lulus ujian masuk dengan nilai terbaik dibebaskan biaya SPI sebesar Rp10 juta dan peserta yang lulus ujian masuk dengan peringkat antara 20-40 persen terbaik akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen biaya SPP.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro menjelaskan beasiswa melalui Lomba karya kreatif dengan tema “Energi Muda Masa Depan Bangsa” itu meliputi kompetisi karya tulis ilmiah populer, desain grafis, dan aplikasi digital.

“Peserta lomba sudah dapat melakukan registrasi dan mengirimkan karyanya sejak 7 April sampai 4 Juni 2016. Syarat dan ketentuan lomba ini semuanya ada di website pertamina.com dan universitaspertamina.ac.id,” katanya.

Menurut Wianda, 15 peserta terbaik atau lima orang dari tiap-tiap kategori akan mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di Universitas Pertamina dari semester satu hingga delapan.

“Mahasiswa juga akan diberikan tunjangan biaya hidup selama periode beasiswa. Nilai total hadiah untuk lomba karya kreatif dan inovatif ini lebih dari Rp2 miliar,” tuturnya.

Wianda berharap para lulusan SMA dan sederajat dapat memanfaatkan kesempatan beasiswa ini.

“Sebagai korporasi yang berkecimpung di dalam dan luar negeri, Pertamina sangat tahu yang diperlukan industri saat ini dan ke depan, termasuk dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” ucap Wianda.

Universitas Pertamina yang berlokasi di Simprug, Jakarta Selatan tercatat memiliki enam fakultas dengan 15 program studi. Baik fakultas teknik maupun nonteknik semuanya difokuskan pada konteks pengembangan pengetahuan dan riset bidang bisnis dan teknologi energi.

Universitas Pertamina pada tahun ajaran pertama telah menerima sekitar 1.000 mahasiswa baru. Pada 4 Juni 2016, Universitas Pertamina akan menyelenggarakan ujian masuk di empat kota yakni Medan, Makassar, Yogyakarta, dan Bandung.

Sementara pada 5 Juni 2016, ujian masuk juga akan dilakukan di empat kota, masing-masing Balikpapan, Surabaya, Jakarta, dan Palembang. Pendaftaran ujian masuk dapat dilakukan hingga 2 Juni 2016.

Setelah sukses menggelar Edufair di Jakarta pada Minggu (20/3) lalu, Universitas Pertamina pun akan mengadakan kegiatan yang sama di sejumlah kota besar, yaitu Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Balikpapan, dan Makassar pada 16 dan 17 April 2016. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keberadaan dan keunggulan universitas serta menjaring calon mahasiswa.

Tedapat sejumlah kegiatan menarik yang akan diselenggaran selama gelaran Edufair tersebut, antara lain Try Out SBMPTN gratis, inspiring and motivation talk, dan booth-booth informasi. Selain itu, terdapat beragam hadiah menarik yang dipersiapkan untuk para pengunjung.

Kegiatan ini adalah ajang yang tepat bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Pertamina, mekanisme pendaftaran, dan informasi mengenai prosedur beasiswa yang akan diberikan oleh universitas. Para petugas pun disiagakan di sejumlah UP’s Informational Booth yang disediakan, untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berkenaan dengan universitas dari para pengunjung .

Universitas Pertamina adalah perguruan tinggi swasta yang digagas PT Pertamina (Persero) sebagai bentuk tanggung jawab sosial korporasi dalam bidang pendidikan dan diresmikan pada 1 Februari 2016. Kurikulum Universitas Pertamina dirancang dengan tujuan menghasilkan lulusan yang profesional di bidang teknologi dan bisnis energi serta menelurkan para pemimpin masa depan yang berkarakter. @reza_indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.