Sabtu, 2 Juli 22

Yuk, Coba Sensasi Nikmat Empal Gentong H Apud Cirebon

Yuk, Coba Sensasi Nikmat Empal Gentong H Apud Cirebon
* Empal Gentong tawarkan sensasi nikmat untuk Anda.

Cirebon, Obsessionnews.com – Cirebon tak hanya dikenal sebagai Kota Udang atau Kota Wali. Kota paling timur Jawa Barat itu juga terkenal dengan ragam kuliner yang luar biasa nikmat. Selain Nasi Lengko dan Nasi Jamblang, ada satu lagi kuliner yang sangat popular, yakni Empal Gentong.

Kali ini, sambil melintasi Kota Cirebon dari arah Jawa Tengah, Obsessionnews berkesempatan menikmati Empal Gentong yang sangat terkenal itu. Bisa dibilang, Empal Gentong menjadi salah satu makanan wajib yang diburu pemudik saat melewati Cirebon.

Di Kota Cirebon, salah satu rumah makan Empal Gentong yang banyak dikunjungi adalah rumah makan milik H Apud. Rumah makan ini terletak di Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24 Battembat – Tengah Tani Cirebon. Letaknya yang strategis dengan ukuran rumah makan yang besar dan kondisi yang selalu ramai, memudahkan kami untuk mencapai rumah makan tersebut.

Empal-H.-Apud-Cirebon-depanDi rumah makan yang telah ada sejak 1995 itu Anda bisa juga menikmati menu lain, seperti Empal Asem, Nasi Lengko, dan Sate Kambing. Untuk pilihan minuman, Anda bisa menikmati Es Kelapa Muda, Es Jeruk, hingga Es Duren.

Siang itu, saat memasuki RM Empal Gentong H Apud, hampir saja kami tidak mendapatkan kursi karena penuhnya pengunjung. Kepada seorang karyawati yang ramah, kami memesan Empal Gentong, Lontong, dan Sate Kambing, plus Es Kelapa Muda.

Hmmmhh..sensasi nikmatnya saja sudah terbayang di alam pikiran kami.

Empal Gentong merupakan jenis makanan berkuah santan yang kaya rempah-rempah. Di dalam satu mangkuk Empal Gentong terdapat irisan daging sapi atau babat yang empuk saat digigit, ditambah taburan kucay dan bawang goreng.

Empal Gentong akan bertambah nikmat jika Anda menaburkan biji cabai merah bubuk yang telah dibuat sedemikian rupa sebagai pengganti sambal. Bagi Anda yang menyukai sensasi rasa masam, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam Empal Gentong. Semangkuk Empal Gentong ini bisa Anda santap dengan nasi putih atau lontong.

Empal - 3

Seperti banyangan kami, Empal Gentong di rumah makan milik H Apud ini benar-benar nikmat. Pun demikian dengan sate kambingnya yang sangat empuk dan bumbunya yang luar biasa sedap. Benar-benar tak percuma kami mampir di Kota Udang ini.

Usai melahap sajian Empal Gentong dan Sate Kambing, dahaga kami pun lumer bersama Es Kelapa Muda yang manisnya pas dan daging kelapa muda yang gurih. Hmmh, benar-benar perpaduan sensasi yang nikmat sekali.

Nah, bagi Anda yang melintasi Kota Cirebon, sebaiknya mencoba Empal Gentong yang jadi menu jagoan di jalur Pantura ini. Sekali mencicipi Empal Gentong, bisa dipastikan Anda akan menikmati sensasi yang tak biasa dari menu daging sapi berkuah tersebut.

Pada jam-jam makan siang, para pengunjung biasanya membludak dan banyak yang tidak kebagian kursi. Untuk itu, sebaiknya Anda datang lebih pagi atau di atas jam makan siang. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.