Senin, 8 Agustus 22

Yosie William Iroth Terapkan Inovasi Bisnis Ala Milenial di Perusahaannya

Yosie William Iroth Terapkan Inovasi Bisnis Ala Milenial di Perusahaannya
* Direktur Operasional PT Asuransi BRI Life Yosie William Iroth. (Foto: Sutanto/Obsessionnews)

Obsessionnews.com – Mengawali karier di industri asuransi sebagai ‘Tukang Cetak Polis’ karier Yosie William Iroth terus meningkat. Hingga menjabat direksi di usia yang terbilang sangat muda. Usia 36 tahun, melalui fit & proper test, Yosie dipercaya menjabat Direktur Transformasi di salah satu perusahaan asuransi jiwa multinasional. Setelah melanglang buana dari satu perusahaan ke perusahaan asuransi lainnya, pada 2021 lalu, Yosie diberi amanah baru, menjabat Direktur Operasional anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Asuransi BRI Life.

Lama berkarier di perusahaan asuransi multinasional, Yosie mengakui ia mendapatkan tantangan baru ketika harus memimpin divisi operasional di perusahaan anak BUMN tersebut.

“Tantangan yang paling besar yang saya rasakan adalah budaya!” tegas Yosie dikutip dari Majalah Men’s Obsession, edisi COO Inspiratif 2022, Kamis (7/7/2022).

Oleh karena itu, Yosie terpikirkan untuk menerapkan komunikasi terbuka dengan tujuan agar tim bisa lebih berinovasi. Tak tanggung-tanggung, Yosie yang memang tak pernah berhenti belajar ini sampai mengambil kuliah lagi jurusan ilmu komunikasi.

“Saya merasa saya perlu memahami bagaimana berkomunikasi yang baik dengan tim di sini. Karena secara skill mereka sudah luar biasa, tinggal bagaimana kita bantu, kita support dan fasilitasi. Nah, ini dibutuhkan komunikasi,” ungkap penghobi olahraga ini.

Menariknya, Yosie yang masih muda dan memimpin generasi milenial ini menerapkan program komunikasi di divisinya dengan gaya yang tidak kaku dan diberi nama yang ‘nyeleneh’ terinspirasi dari merek produk olahraga. Program pertama adalah Nike, ‘Ngobrolin Kinerja’, yaitu bicara kinerja dengan suasana lebih santai. Program kedua adalah ‘Adidas, ‘Ada Dishare Dapat Semua’ yaitu sharing, semuanya bisa saling berbagi.

Kemudian program berikutnya adalah UA, ‘Urusin Anak’ yaitu coaching. Dalam hal ini coaching tidak hanya dari leaders masing masing, tapi juga bisa dari lintas divisi. Hal ini bertujuan agar terbiasa membuka pintu agar nyaman berkomunikasi. Dan terakhir ada Puma, ‘Puas sama Performa’, yaitu penilaian siapa yang memiliki performa baik maka akan mendapatkan apresiasi.

BRI Life, menjadi asuransi pilihan rakyat sebagai anak perusahaan dengan dua induk perusahaan, yaitu BRI dan FWD, BRI Life memiliki visi misi menjadi asuransi pilihan rakyat di Indonesia.

Untuk itu Yosie menyadari bahwa salah satu tugasnya adalah membawa tim melaju lebih cepat. “Jadi bagaikan satu pesawat, kita harus bisa speed up, baru memperbaiki apa yang perlu kita perbaiki agar siap lepas landas. Kita mempercepat kemampuan dalam layanan dan akhirnya bisa mencapai aspirasi untuk melayani sekitar 25 juta nasabah di Indonesia,” terangnya.

Dengan demikian, salah satu tugasnya adalah mengubah stigma pembayaran klaim yang lama pada perusahaan asuransi. “Ini yang harus diubah. Kita harus memberikan layanan terbaik bagi nasabah agar penjualan dapat lebih mudah, lebih nyaman, dan bisa tepat waktu. Ini menjadi misi utama kami!” pungkas Yosie.

Namun, ia juga menyadari bahwa tim yang ada di dalam perusahaan juga menjadi salah satu faktor terpenting. Jadi ia tak hanya terfokus pada customer experience saja, tapi juga pada kepuasan karyawan. Yosie dan tim pun berhasil menepis apa yang menjadi stigma masyarakat tersebut.

Sebab BRI Life kini telah mempersingkat pembayaran klaim, dari yang tadinya 14 hari hingga menjadi hanya 3-5 hari. Selain itu, inovasi lain yang dilakukan BRI Life untuk menjadi asuransi pilihan masyarakat Indonesia, adalah memperkuat digitalisasi sehingga memudahkan pelayanan. Salah satunya, yakni dengan meluncurkan layanan aplikasi ‘My Access’.

“Layanan ini dikampanyekan bulan Februari, dan hanya dalam waktu empat bulan sudah ada 4000 yang mendownload dengan 2000 nasabah aktif berinteraksi melalui layanan di aplikasi tersebut. Kami harap di akhir kuartal tiga, akan semakin banyak lagi layanan yang dapat kami sediakan di my access, agar layanan digital, layanan real time online melalui aplikasi ini bisa ditingkatkan lagi. Kami pun mengimplementasi lebih banyak layanan di sana,” ujar ayah dua anak ini.

Apa yang telah dilakukan BRI Life tersebut tentu mendapat apresiasi baik dari masyarakat, lembaga maupun pemerintah. Beragam penghargaan telah diraih BRI Life, seperti CSRAwards, The Most Innovative Company, dan masih banyak lagi.

“Kalau ada penghargaan yang diterima BRI Life di tahun 2021 atau 2022 itu pasti adalah kinerja BRI Life sebelumnya atau bahkandari zaman masih Bringinlife. Dan tentu yang kami harapkan bisa dipertahankan atau bisa lebih banyak lagi,” kata Yosie dengan merendah.

Namun, selain penghargaan tersebut, ada apresiasi lain yang menurut Yosie juga penting adalah BRI Life turut memberi solusi bagi mereka yang terkena korban Covid-19. Yosie memaparkan, tahun 2021 BRI Life membayar klaim yang sangat besar, terutama untuk para korban Covid-19.

“Tentu kami juga bertanggung jawab membayarkan klaim tersebut. Jadi kami banyak meng-cover asuransi jiwa kredit. Bagi keluarga yang kepala keluarganya mengambil kredit rumah ketika ada musibah Covid-19 tidak kehilangan rumah mereka, tidak pula terbebani dengan cicilan, dan kami merasa bangga bisa membantu mereka,” lirihnya.

Ya, BRI Life merasa bangga ketika menjadi bagian dari memberi solusi kepada puluhan ribu, tepatnya sekitar 70.000 klaim Asuransi Jiwa Kredit yang dibayarkan pada tahun 2021 lalu dengan nilai sekitar Rp3,5 triliun.

Menurut Yosie, itu menjadi kebanggaan tersendiri baginya di BRI Life. “Kami bisa mewujudkan impian, walaupun nasabah kami mengalami musibah namun keluarganya bisa kami bantu. Ada klaim-klaim kesehatan juga yang kami bayarkan. Kita tahu bahwa pemerintah sudah berhasil untuk penanganan Covid-19, tapi ketika ada nasabah kami yang harus dirawat karena Covid-19, kami mendapat kesempatan untuk membantu membayar. Itu juga menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi kami bisa berkontribusi. Semoga kita bisa mempertahankan layanan yang baik ini. Harapan kami, brand kami asuransi BRI Life bisa semakin dikenal bukan hanya karena branding tapi karena layanan yang lebih baik juga,” harapnya. (Suci/MO/Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.