Jumat, 22 Oktober 21

Yorrys: Tommy Tak Punya Kriteria Caketum Golkar

Yorrys: Tommy Tak Punya Kriteria Caketum Golkar
* Yorrys Raweyai.

Jakarta, Obsessionnews – Kursi panas menjadi ketua umum (ketum) Partai Golongan Karya (Golkar) terus bergulir. Ormas Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMPI) menyatakan untuk mengembalikan Golkar agar tidak terpecah belah maka harus dikembalikan marwahnya kepada keluarga Cendana, yaitu Tommy Soeharto harus didukung jadi calon ketua umum (caketum)  Golkar. Namun, Ketua DPP Golkar hasil Munas Riau Yorrys Raweyai tidak setuju tentang hal itu.

Tommy
Tommy Soeharto.

“Oh nggak bisa, Golkar memiliki konstitusi. Kemudian di dalam konstitusi, kita ada AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) dan kriteria tentang seseorang yang ingin maju menjadi ketua umum. Kita punya prinsip, tidak boleh orang luar yang masuk,” kata Yorrys kepada Obsessionnews, di sela-sela acara malam penganugerahan Obsession Awards 2016 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu malam (2/3/2016).

Lebih lanjut Yorris mengungkapkan, kriterianya adalah harus dari keluarga besar Golkar, PDLT (Prestasi, Dedikasi, Loyalitas, Tidak Tercela), dan pernah menjadi pengurus minimal 1 periode di kepengurusan harian, itu sudah baku.

Meski ia membenarkan kalau AD/ART bisa diubah dalam Munas Golkar. Jika nantinya ada perubahan AD/ART setelah MUNAS, baru calon ketum dari luar kemungkinan dapat diakomodir.

“Tentu saja. Bisa diubah (AD/ART). Mekanisme perubahan itu nanti di munas. Nggak bisa kita ubah karena ada orang mau masuk, tapi orang-orang mau masuk nanti ke depan AD/ART kita akan ubah,” jelasnya.

Jadi, bagaimana peluang Tommy Soeharto jika maju sebagai caketum Golkar? “Susah…di mana?” jawab Yorrys yang tetap kurang memberi jalan kepada Tommy.

Sebelumnya Sekjen Majelis Pimpinan Nasional (MPN) HMPI Tri Joko Susilo mengatakan Tommy Soeharto layak maju sebagai caketum  Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar yang akan digelar pada April 2016 mendatang.

Diketahui ayah Tommy, yakni  mantan Presiden Soeharto, merupakan pendiri dan Ketua Dewan Pembina Golkar sejak Partai berlambang pohon beringin ini didirikan pada 20 Oktober 1964. (Popi Rahim)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.